Connect with us

News

Sang Merah Putih Berkibar di Istana Merdeka

Published

on

Sang Merah Putih Berkibar di Istana Merdeka

SERIKATNEWS.COM – Istana Kepresidenan kembali menggelar upacara bendera dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Upacara dimulai pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara mengenakan baju adat Aceh. Ia sempat menyapa sejumlah masyarakat yang hadir sebelum menuju mimbar upacara.

Para menteri kabinet kerja dan para pejabat yang hadir juga mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Begitu juga Paspampres hingga masyarakat dan tamu undangan.

Ada 6.250 tamu yang diundang ke istana. Sebanyak 35 persen adalah para pejabat negara, sementara 65 persen adalah masyarakat. Upacara dimulai dengan tembakan meriam, lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Bambang Soesatyo, Ketua DPR.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara lalu mengajak semua hadirin untuk mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang gugur saat berjuang membawa Indonesia merebut kemerdekaan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun beraksi. Tim Nusa, demikian nama yang disematkan, berhasil mengibarkan sang saka merah putih menjulang di halaman Istana Merdeka.

Setelah upacara selesai, masyarakat dan tamu undangan yang hadir pun bertepuk tangan mengapresiasi keberhasilan tim Paskibraka.

Baca Juga:  APJII Tekankan Pemerintah Berikan Keringanan Pajak
Advertisement

Popular