Connect with us

Kampus

UIN SUKA Yogya gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2020

Published

on

UIN SUKA
Foto: UIN SUKA

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Sosialisasi Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di gedung Prof. RHA. Soenarjo, pada hari Rabu (5/2/2020).

Aulia Faqih, M.Kom. selaku Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengatakan sosialisasi itu dilakukan karena adanya perubahan mengenai jumlah kuota, pola ujian dan perubahan waktu mendaftar tahun ini.

“Oleh karena itu, kami mengundang Kepala SMU/SMK/Madrasah Aliyah Se-DIY atau petugas operator/admin PDSS di setiap sekolah untuk mengetahui informasi penerimaan mahasiswa,” kata Aulia Faqih, dikutip dari laman resmi UIN SUKA, Minggu (9/2/2020).

Aulia Faqih menjelaskan bahwa SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

“Sedangkan biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional akan diikuti oleh 58 PTKIN dan harus memenuhi prinsip adil, transparan, serta tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. Pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SPAN PTKIN diawali dari Pengisian & Verifikasi PDSS pada tanggal 6 Januari-10 Februari 2020. Sedangkan finalisasi pendaftaran pada tanggal 3 Februari – 28 Februari 2020.

“Seleksi tahap I pada tanggal 2 Maret – 13 Maret 2020, seleksi tahap II pada tanggal 16 Maret – 20 Maret 2020, dan pengumuman hasil seleksi 10 April 2020,” lanjutnya.

Aulia Faqih juga berpesan kepada perwakilan sekolah yang hadir, agar siswa yang mendaftar SPAN PTKIN dalam memilih Prodi benar-benar memilih Prodi yang paling diminati, sehingga kalau diterima tidak mengundurkan diri.

Baca Juga:  UNY Hadirkan Aplikasi PIMNAS 31

“Karena kalau mundur/tidak mendaftar ulang akan merugikan siswa lain yang sebenarnya lebih berminat dan justru tidak diterima,” katanya.

Aulia Faqih juga berpesan agar admin PDSS sekolah terus memantau/mengecek website panitia pusat, sehingga kalau ada perubahan-perubahan jadwal selalu diketahui lebih dini.

Sementara itu, untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Negeri (UM PTKIN) pada tahun ini menggunakan ujian CBT (Computer Based Test). Pendaftaran dan pembayarannya dimulai pada tanggal 15 April s.d. 29 Mei 2020 Pukul 16.00 WIB. Kemudian finalisasi pendaftaran pada tanggal 15 April s.d. 1 Juni 2020 Pukul 24.00 WIB. Pelaksanaan ujian tulis 15 s.d. 24 Juni 2020, dan pengumuman hasil ujian pada 3 Juli 2020.

“UIN Sunan Kalijaga mengalokasikan kuota SPAN-PTKIN 445 kursi dan UM-PTKIN 1113 dari 24 Prodi Keagamaan,” tutup Aulia.

Advertisement

Popular