Connect with us

News

UIN SUKA Yogya gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2020

Published

on

UIN SUKA
Foto: UIN SUKA

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Sosialisasi Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di gedung Prof. RHA. Soenarjo, pada hari Rabu (5/2/2020).

Aulia Faqih, M.Kom. selaku Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengatakan sosialisasi itu dilakukan karena adanya perubahan mengenai jumlah kuota, pola ujian dan perubahan waktu mendaftar tahun ini.

“Oleh karena itu, kami mengundang Kepala SMU/SMK/Madrasah Aliyah Se-DIY atau petugas operator/admin PDSS di setiap sekolah untuk mengetahui informasi penerimaan mahasiswa,” kata Aulia Faqih, dikutip dari laman resmi UIN SUKA, Minggu (9/2/2020).

Aulia Faqih menjelaskan bahwa SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

“Sedangkan biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional akan diikuti oleh 58 PTKIN dan harus memenuhi prinsip adil, transparan, serta tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. Pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SPAN PTKIN diawali dari Pengisian & Verifikasi PDSS pada tanggal 6 Januari-10 Februari 2020. Sedangkan finalisasi pendaftaran pada tanggal 3 Februari – 28 Februari 2020.

“Seleksi tahap I pada tanggal 2 Maret – 13 Maret 2020, seleksi tahap II pada tanggal 16 Maret – 20 Maret 2020, dan pengumuman hasil seleksi 10 April 2020,” lanjutnya.

Aulia Faqih juga berpesan kepada perwakilan sekolah yang hadir, agar siswa yang mendaftar SPAN PTKIN dalam memilih Prodi benar-benar memilih Prodi yang paling diminati, sehingga kalau diterima tidak mengundurkan diri.

Baca Juga:  Manfaatkan Atap, Pengurus Masjid At Taqwa Tanam Sayuran

“Karena kalau mundur/tidak mendaftar ulang akan merugikan siswa lain yang sebenarnya lebih berminat dan justru tidak diterima,” katanya.

Aulia Faqih juga berpesan agar admin PDSS sekolah terus memantau/mengecek website panitia pusat, sehingga kalau ada perubahan-perubahan jadwal selalu diketahui lebih dini.

Sementara itu, untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Negeri (UM PTKIN) pada tahun ini menggunakan ujian CBT (Computer Based Test). Pendaftaran dan pembayarannya dimulai pada tanggal 15 April s.d. 29 Mei 2020 Pukul 16.00 WIB. Kemudian finalisasi pendaftaran pada tanggal 15 April s.d. 1 Juni 2020 Pukul 24.00 WIB. Pelaksanaan ujian tulis 15 s.d. 24 Juni 2020, dan pengumuman hasil ujian pada 3 Juli 2020.

“UIN Sunan Kalijaga mengalokasikan kuota SPAN-PTKIN 445 kursi dan UM-PTKIN 1113 dari 24 Prodi Keagamaan,” tutup Aulia.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Hukum38 menit ago

Diduga Lakukan Fitnah, P2KD Karduluk Akan Polisikan KAMPPDK

SERIKATNEWS.COM – Ketua DPW APSI Jawa Timur yang sekaligus Direktur LKBH IAIN Madura, Sulaisi Abdurrazaq resmi menjadi tim pengacara Panitia...

News14 jam ago

Debutan di Olimpiade Tokyo 2020, Windy Cantika tak Menyangka Bisa Raih Medali

SERIKATNEWS.COM – Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah berhasil membawa pulang medali dalam debutnya di ajang Olimpiade di Tokyo, Sabtu...

News16 jam ago

Diberikan Bertahap, UGM Siapkan 12 Ribu Vaksin Bagi Mahasiswa

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 2.000 peserta mengikuti vaksinasi Covid-19 massal di Grha Sabha Pramana, Sabtu 24 Juli 2021. Vaksinasi massal diselenggarakan...

News16 jam ago

39 Tahun Dikelola PLN, PLTP Kamojang Tetap Andal Hasilkan Energi Bersih

SERIKATNEWS.COM – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang adalah bagian penting sejarah perjalanan kelistrikan Tanah Air. Jejak kehadirannya dimulai...

News17 jam ago

Dirut PLN Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

SERIKATNEWS.COM – Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice”. Penghargaan pada...

News1 hari ago

Masyarakat Jateng Antusias dan Berebut Vaksin

SERIKATNEWS.COM – Masyarakat Jawa Tengah (Jateng) memiliki antusias untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Antusias yang tinggi ini sebagai salah satu upaya...

News1 hari ago

Fakultas Kehutanan UGM Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Mahasiswa

SERIKATNEWS.COM – Fakultas Kehutanan UGM melaksanakan program vaksinasi Covid-19 di Arboretum Fakultas Kehutanan UGM untuk 500 mahasiswa dari jenjang sarjana,...

Populer

%d blogger menyukai ini: