Connect with us

Kampus

UPH – BeritaSatu Dukung Kebijakan ‘Kampus Merdeka’

Published

on

MoU PJJ ILKOM UPH DAN BERITASATU MEDIA HOLDINGS UNTUK BEASISWA JURNALIS
Penandatanganan MoU kerja sama antara UPH dan BeritaSatu Media Holdings yang dilakukan oleh (ka-ki) Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. dan Anthony Wonsono – Direktur BeritaSatu Media Holdings

SERIKATNEWS.COM – Kampus Merdeka merupakan kelanjutan dari kebijakan baru ‘Merdeka Belajar’ yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Kebijakan ini berfokus untuk meningkatkan kualitas dari mahasiswa dengan sistem belajar yang lebih fleksibel.

Fokus dari kebijakan ini yaitu Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi A dan B memiliki otonomi membuka program studi (prodi) baru, arahan kepada PT untuk meningkatkan kerja sama dengan organisasi juga mitra perusahaan dan universitas, serta jaminan calon lulusan mendapat peluang kerja lebih baik.

Menjawab inisiatif dari Menteri Nadiem, Universitas Pelita Harapan (UPH) berupaya untuk terus menyesuaikan kurikulum yang ada dengan kebutuhan industri. Upaya terbaru yaitu dengan membuka ‘Digital Journalism’ sebagai konsentrasi baru dari prodi Pendidikan Jarak Jauh Ilmu Komunikasi (PJJ Ilkom), berkolaborasi dengan BeritaSatu Media Holdings (BSMH).

Pembukaan peminatan Digital Journalism ini diikuti dengan pemberian beasiswa penuh dari BSMH bagi 30 calon mahasiswa, Tahun Akademik 2020/2021.

“BeritaSatu Media Holdings berkomitmen untuk menyiapkan jurnalis yang mampu mewujudkan jurnalisme yang etis dan membawa dampak positif, dengan menggandeng UPH. Melalui program bersama UPH ini kami bersama-sama memberikan peluang bagi generasi muda Indonesia untuk bergabung dalam program BeritaSatu Scholarship,” ujar Direktur BeritaSatu Media Holdings, Anthony Wonsono dalam keterangan persnya, Kamis (13/2/2020).

“Bersama UPH, BeritaSatu berinvestasi untuk menciptkan jurnalis berkualitas, dengan membangun kurikulum bersama yang mengedepankan jurnalistik berkode etik baik. Sehingga program ini merupakan bagian dari implementasi visi kita,” jelas Anthony Wonsono.

Menurutnya, kerja sama ini tentu disambut antusias oleh Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc, yang dilihat sebagai langkah tepat untuk membekali mahasiswa agar siap berkarya bagi bangsa.

Jonathan L mengatakan bahwa saat ini sudah memasuki era baru di mana sangat dibutuhkan sinergi antara universitas dengan pelaku bisnis dalam hal ini dengan BeritaSatu Media Holdings. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk menjawab kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menyoroti pentingnya sinergi antara dunia pendidikan dan industri.

Baca Juga:  ITS Meminta Pemerintah Dorong UMKM Masuk Marketplace

“Oleh karena itu kami perguruan tinggi tidak bisa berjalan sendiri tapi harus bermitra dengan industri yang berada di garis depan. Jadi kita perlu mempersiapkan mahasiswa kita untuk masa yang akan datang, melalui, yang biasanya disebut Menteri, 4c yaitu Critical thinking, Creativity, Communications, dan Collaborations,” jelas Jonathan L.

Menambahkan Rektor, Stella Stefany, S.Sos., M.I.Kom. selaku Ketua Prodi PJJ Ilmu Komunikasi UPH juga melihat bahwa selain memberikan fleksibilitas waktu dan tempat, program PJJ Ilkom UPH bersama BeritaSatu ini juga menjadi cara tepat dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja. Hal ini dimulai dengan kolaborasi melalui proses perancangan komposisi kurikulum dengan capaian pembelajaran yang dirumuskan bersama dengan calon pengguna, melibatkan praktisi dari industri untuk membawakan materi ajar, dan kesempatan untuk magang sampai dengan 2 semester.

“Kerja sama UPH dengan BeritaSatu Media Holdings ini diharapkan mampu menjadi contoh model dalam penerapan ‘Kampus Merdeka’. Terutama dari sisi sinergi antara universitas dengan dunia industri. Sebelumnya ada gap antara kebutuhan industri dengan kurikulum. Industri mengharapkan lulusan yang siap bekerja, sehingga kurikulum di universitas harus menyesuaikan kebutuhan ini. Kemudian kebijakan Kampus Merdeka juga menekankan adanya kepastian bagi lulusan untuk mendapat pekerjaan di industri,” ujarnya.

Dia pun mengatakan, dengan kerja sama program beasiswa yang bersifat resiprokasi ini, nantinya mahasiswa yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa penuh dari Beritasatu akan langsung bekerja di BeritaSatu Media Holdings. Tidak hanya itu, dalam proses belajar, mahasiswa juga akan mendapat kesempatan untuk praktik kerja magang selama 2 semester di media-media yang tergabung dalam BeritaSatu.

Melalui kerja sama ini, Anthony berharap bahwa program ini dapat menjadi langkah yang baik untuk semua perusahaan media di Indonesia untuk mau bersinergi dengan dunia Pendidikan. Bersama-sama mendukung kebijakan ‘Kampus Merdeka’ dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular