Connect with us

Politik

Wamendes Budi Arie Resmikan Taman Bacaan Desa Digital di Makbon Kabupaten Sorong

Published

on

Dok. Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan taman bacaan desa digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis, 03 Juni 2021. Taman Bacaan Desa Digital ini merupakan yang pertama di Kabupaten Sorong.

Budi Arie mengatakan, dibangunnya taman bacaan desa digital ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rajin membaca dan cerdas. Menurutnya, penyediaan taman bacaan desa digital penting dilakukan untuk melahirkan generasi-generasi desa yang unggul.

“Pembangunan Indonesia yang merata, adil, dan makmur harus diawali dengan pendidikan dan kesehatan. Nah taman bacaan ini berangkat dari bagaimana menciptakan SDM yang cerdas dan unggul. Caranya adalah dengan rajin membaca,” ujarnya.

Ia mengatakan, Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan daerah yang memiliki jumlah daerah tertinggal yang cukup tinggi. Yang mana setengah dari 62 kabupaten/kota tertinggal di Indonesia terletak di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Kita harapkan, kita mau pembangunan Indonesia yang sentris. Jangan sampai kemajuan di Jawa, Sumatera, tidak diimbangi dengan kemajuan di daerah lain,” ujarnya.

Dok. Kemendes PDTT

Taman Bacaan Desa Digital beserta fasilitasnya ini dibangun melalui kerjasama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Balai Pustaka. Menurut Budi Arie, kerjasama pembangunan Taman Bacaan Desa Digital yang serupa juga akan dilakukan di beberapa desa-desa lainnya.

“Kita harap pencanangan Taman Bacaan Desa Digital yang pertama di Kabupaten Sorong ini menjadikan kita semakin bersemangat. Agar masyarakat desa gemar membaca, cerdas, dan bisa membangun Indonesia,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono mengatakan, pembangunan Taman Bacaan Desa Digital di Kampung Malaumkarta dinilai sudah tepat, seiring semakin meningkatnya pembangunan berbagai infrastruktur pendidikan di Kabupaten Sorong. Terlebih lagi, Kampung Malaumkarta merupakan kawasan yang dicanangkan sebagai destinasi wisata bahari terkolaborasi.

Baca Juga:  Istana Apresiasi Kegiatan Pertemuan Penggerak Desa Peduli Buruh Migran

Suka Harjono berharap, hadirnya Taman Bacaan Desa Digital tersebut dapat memberikan pengalaman digital yang positif dan meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan ini semua menjadi nilai positif dalam perkembangan digitalisasi 4.0. Ini tentu menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Usai meresmikan Taman Bacaan Desa Digital, Budi Arie juga menyempatkan diri untuk melakukan pelepasan anak penyu di Pesisir Pantai Malaumkarta. Setelah itu ia meninjau gedung Taman Bacaan Desa Digital yang telah dibangun di Desa Makbon tersebut.

Peresmian Taman Bacaan Desa Digital ini juga dihadiri Dirut PT Balai Pustaka, Dewananda Wardana; Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Helmiati; dan sejumlah pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi lainnya. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News25 menit ago

Program Kartu Prakerja Sudah Jalani Audit Inspektorat Kementerian, BPK, BPKP, hingga Taati Saran KPK

SERIKATNEWS.COM – Pelaksanaan Program Kartu Prakerja telah menjalani audit, reviu dan evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenko Perekonomian, Inspektorat Jenderal Kementerian...

Ekonomi35 menit ago

Program Kartu Prakerja Atasi Tiga Masalah Utama Ketenagakerjaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Kondisi ketenagakerjaan Indonesia sebelum masa pandemi Covid-19 ditandai dengan tiga hal yang sangat menonjol. Yakni, rendahnya produktivitas kerja,...

News54 menit ago

Kesiapan UGM Sambut Peserta CBT UM

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 36.470 peserta mengikuti Computer Based Test Ujian Masuk Univeritas Gadjah Mada (CBT-UM UGM) 2021 hari pertama yang...

News21 jam ago

Brigjen Pol Sukawinaya Jabat Sestama BNN, JARRAK: Sosok Penuh Prestasi

SERIKATNEWS- Sebanyak 12 pejabat Badan NarkotikaNasional (BNN) RI yang terdiri dari pimpinan tinggipratama, administrator, dan penyidik madya dilantiksekaligus melakukan sumpah...

News22 jam ago

PLN Apresiasi Ditjen Minerba dan 48 Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN mengapresiasi dukungan pemerintah dan 48 mitra pemasok batu bara dalam penyediaan bahan bakar pembangkit demi menjaga keandalan pasokan...

News1 hari ago

Sanggar Belajar: Tingkatkan Semangat Literasi Desa melalui Edukasi Alternatif

SERIKATNEWS.COM- Pemuda Jatiurip menyelenggarakan edukasi Alternatif dunia literasi. Program Dunia literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program Karang Taruna Desa...

Olahraga1 hari ago

Dukung Ajang PON XX di Papua, PLN Siapkan Perkuatan Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN siap menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Progres pekerjaan kelistrikan untuk...

Populer

%d blogger menyukai ini: