Connect with us

News

Wapres Hormati Keputusan Arab Saudi Soal Penangguhan Umrah

Published

on

Foto: Kabar24

SERIKATNEWS.COM – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin menghormati kedaulatan Arab Saudi melarang jemaah umrah (termasuk dari Indonesia), untuk menghindari Covid-19 (Virus Corona).

“Dan juga mereka tentu ingin menjaga negaranya agar tak terpapar. Salah satunya dengan cara menutup akses dari luar. Termasuk umroh. Dan kita hormati keputusan itu,” kata Wapres Ma’ruf di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Ma’ruf Amin mengakui bahwa kebijakan Arab Saudi itu memang menyebabkan kerugian terhadap agen perjalanan umrah. Akan tetapi, kebijakan Arab Saudi itu tetap harus dihormati.

“Lagipula, banyak negara yang ekonominya terganggu akibat penyebaran covid-19, bukan hanya yang terkait ibadah umrah,” katanya.

Lebih lanjut, Wapres memastikan pemerintah akan melakukan negosiasi. Namun kewenangan akhir tetap di Arab Saudi, dalam konteks kedaulatan mereka.

“Tentu mereka (KBRI di Arab Saudi, red) mengusahakan. Tapi seluruhnya itu pada kedaualatan Saudi dan kita tak akan memgintervensi,” tutup Wapres.

Baca Juga:  Bawaslu Selidiki Pemasang Spanduk #JkwBersamaPKI
Advertisement

Popular