Kemaritiman

KMP Legundi Rute Surabaya-Lombok Punya Jadwal dan Tarif Baru

Sumber : ShipSpotting.com

SURABAYA, Serikatnews.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Legundi rute Tanjung Perak Surabaya – Lembar Lombok pulang pergi (PP) saat ini punya jadwal dan tarif baru.

Staff Lapangan untuk KMP Legundi, Edyan Santoso mengatakan, KMP Legundi rute Surabaya – Lombok yang sebelumnya berangkat hari Senin dan Kamis, dirubah menjadi berangkat Selasa dan Sabtu. “Sudah dua bulan ini jadwalnya dirubah,” katanya kepada Serikatnews.com di Tanjung Perak, Surabaya, Senin (22/5).

Edyan menerangkan, KMP Legundi membuka rute Tanjung Perak – Lembar dan sebaliknya terbilang baru, yakni dimulai sekitar Desember 2016. Sebelumnya, KMP Legundi melayani rute Bakauheni-Merak pada 2014 – 2016.

KMP Legundi merupakan hasil karya anak bangsa yang diluncurkan di galangan kapal PT Dumas Tanjung Perak Shipyard di Surabaya, Jawa Timur, pada pertengahan Agustus 2014.

KMP Legundi merupakan kapal jenis roll-on roll-off (roro) berbobot 5.000 GT. Kapal jenis itu merupakan kapal terbesar pertama yang pernah dibuat dalam negeri.

KMP Legundi mampu mengangkut hingga 100 truk dan 850 penumpang. “Kalau penumpang tidak pernah over kapasitas, tidak pernah di atas 500, tapi kalau truk sering over kapasitas,” ujar Edyan.

Perjalanan yang ditempuh oleh KMP Legundi dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Lembar atau sebaliknya sekitar 20 jam. Rute yang ditempuh melewati utara Pulau Madura.

“Sebenarnya lebih cepat rute langsung ke timur, tapi karena ada pasang surut air laut dan banyak jaring nelayan, jadinya lewat utara Madura,” kata Edyan.

Manajer Operasi PT ASDP Cabang Surabaya, Wildan Jazuli menambahkan, jadwal baru KMP Legundi rute Surabaya ke Lombok berangkat Selasa dan Sabtu, jam 16.00. Sedangkan dari Lombok ke surabaya Senin dan Kamis jam 16.00. “Tiket system barkoding dijual pada saat hari keberangkatan buka jam 08.00 – 14.00 di loket ASDP jalan Kalimas baru 194.a, Tanjung Perak Surabaya,” katanya.

Diketahui, untuk keberangkatan kapal, tidak pasti datang dan berangkatnya jam 16.00, dikarenakan menyesuaikan pasang dan surutnya air laut, kadang lebih cepat, dan terkadang lebih lambat.

Tarif baru KMP Legundi di antaranya dewasa : Rp 87.000, Anak-anak : Rp 62.000, sepeda motor : Rp 225.000, Mobil pribadi : Rp 1.525.000, dan mobil pick up : Rp 1.392.000. (Arif K Fadholy)

Popular

To Top