Connect with us

Lifestyle

10 Rekomendasi Film India yang Perlu Ditonton

Published

on

Film 3 Idiots (Ilustrasi: Net)

SERIKATNEWS.COM – Bollywood merupakan industri film India terbesar di dunia. Penggemar film India pun dari berbagai kalangan. Mulai dari remaja hingga dewasa, tak jarang yang menyukai film ini.

Selain itu, film India juga dikenal dengan ciri khasnya, yaitu musik nyanyian hingga tarian. Meskipun begitu, ada pula beberapa film India yang tidak menampilkan tarian dan nyanyian.

Berikut beberapa rekomendasi film India yang mengandung banyak pelajaran hidup dan sarat akan makna, yang perlu ditonton.

  1. Padman

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki India penemu pembalut murah. Hal tersebut bermula dari kegelisahan terhadap istrinya yang menggunakan pembalut dari kain bekas di setiap datang bulan. Pernah pula ia menawarkan pembalut yang lebih sehat dan higienis ke istrinya, tapi ditolak.

Isu tentang menstruasi dan pembalut, saat itu masih sangat tabu. Sehingga, perempuan adalah korban dari ketidakpedulian masyarakat terhadap kebutuhan biologis perempuan.

Kepedulian laki-laki ini terhadap pembuatan pembalut berujung dengan ia diusir dari kampungnya. Namun, usai penemuannya berhasil dan diakui oleh banyak orang, ia pun disambut kembali oleh penduduk di tempat asalnya.

  1. 3 Idiots

Film yang dibintangi oleh Aamir Khan ini berisi kritikan terhadap sistem pendidikan. Di film ini, Aamir Khan merupakan salah satu mahasiswa yang jenius. Ia sering menghabiskan masa-masanya selama kuliah dengan kedua temannya.

Berkatnya pula, kedua temannya itu pun berani jujur dengan dirinya sendiri dan keluarganya terkait mimpi-mimpi yang diinginkan. Tak hanya di India, film ini juga berusaha mengkritik sistem pendidikan secara global.

  1. Hichki

Berkisah tentang seorang guru yang memiliki Tourette Syndrome. Diperankan oleh rani Mukherji, film ini mengangkat kisah tentang seorang guru yang memiliki cita-cita mulia. Bahwasanya, menjadi guru tidak hanya di sekolah.

Baca Juga:  Menjaga Alam dengan Sodasan, Pembersih yang Ramah Lingkungan

Paham tentang latar belakang dan cara belajar murid-murid pun sangatlah perlu dan penting. Sebab, sejatinya ilmu bukan sebatas hafalan, melainkan harus bisa menjawab kebutuhan dalam kehidupan manusia.

  1. Nil Battey Sannata

Film ini berkisah tentang seorang Ibu sebagai orang tua tunggal, dengan putrinya yang bebal sama pelajaran matematika. Ibu tersebut tidak berusaha untuk selalu memotivasi anaknya. Bahkan, ia sampai rela ikut sekolah di kelas bersama putrinya.

  1. Lagaan

Dibintangi oleh Aamir Khan, film ini memberi pesan bahwa meruntuhkan kolonialisme tidak harus menggunakan pedang dan peluru. Film yang berdurasi 3,5 jam ini bercerita, pada suatu masa, Inggris harus pergi dari tanah yang ia jajah karena malu usai kalah bermain kriket. Dalam permainan tersebut, kolonial dari Inggris melawan warga kampung yang terancam pajak pertanian 3 kali lipat dari biasanya.

  1. PK

Berkisah tentang seorang alien yang diperankan oleh Aamir Khan, terjebak di bumi sebab kalungnya hilang. Film ini tentang kritik atas agama-agama.

Menurut film ini, banyak dari para penganut agama yang doanya salah sambung sebab hanya sampai di tempat pemuka agama dan tempat peribadatan. Selain itu, di film ini juga banyak dari pemuka agama yang meraup kekayaan dari cara memperdaya para penganut agama.

  1. Secret Superstar

Film yang cukup menguras emosi ini, bercerita tentang seorang anak perempuan yang sempat harus mengubur impiannya karena faktor bapak yang otoriter. Film ini menggambarkan, seorang anak perempuan terlahir yang dari keluarga yang beragama Islam.

Karena lingkungan yang cukup konservatif, kelahirannya pun sempat ditolak oleh bapaknya, sebab dianggap membawa sial. Kecintaannya pada dunia musik, yang dibenci bapaknya, mengantarkannya membuat akun YouTube dengan nama Secret Superstar.

  1. The White Tiger
Baca Juga:  Banyuwangi Bertabur Prestasi di Hari Jadi Ke-249

Bercerita tentang kekerasan dan kemiskinan secara struktural. Film ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Berbeda dengan film India pada umumnya, film ini tidak ada lagu, tarian, dan apa-apa yang biasanya terdapat di dalam film Bollywood.

  1. Toilet: Ek Prem Katha

Toilet pernah menjadi isu krusial di India. Dikisahkan pula, sebab tidak adanya toilet di dalam rumah juga bisa berakibat pada keretakan rumah tangga.

Di film ini, perempuan harus pergi ke tanah lapang untuk BAB di pagi-pagi buta. Mereka pun selalu waspada pada orang-orang yang melecehkannya dengan tiba-tiba menyalakan lampu.

  1. Super 30

Bercerita tentang seorang jenius yang tidak bisa pergi ke kampus impiannya di Cambridge, Inggris. Kemudian, ia pun bekerja di sebuah lembaga kursus yang hanya untuk orang-orang kaya.

Menurutnya, tempat tersebut tidak sesuai dengannya dan tak bisa membuatnya bahagia. Akhirnya, ia memiliki inisiatif membuat sekolah dengan 30 murid yang kelak lulus menjadi jenius. (SAR)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Lifestyle2 jam ago

Marandang, Tradisi Sambut Ramadan di Ranah Minang

SERIKATNEWS.COM – Marandang merupakan salah satu tradisi yang ada di Ranah Minang dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Alah masak Randang?”...

Lifestyle11 jam ago

Menjaga Alam dengan Sodasan, Pembersih yang Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – Di masa pandemi ini, kita harus lebih sering mencuci tangan. Tentunya selain menyebabkan tangan menjadi kering, limbah sabun...

Hukum11 jam ago

Rumah Bos PT Purnama Karya Digeledah KPK terkait Kasus Nurdin Abdullah

SERIKATNEWS.COM – Sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur yang melibatkan Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan...

News18 jam ago

Wi-fi Gratis Tersedia di 14 Objek Wisata Bangka Belitung

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memasang layanan wi-fi gratis di 14 titik objek wisata. Tujuan utamanya...

News18 jam ago

Menko Polhukam Tekankan Kepala Daerah Hindari Perilaku Koruptif

SERIKATNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengimbau kepada kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 untuk menghindari perilaku...

Ekonomi19 jam ago

Menteri Trenggono Lepas Ekspor Produk Perikanan ke-40 Negara

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor produk perikanan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini sebagai penanda...

News19 jam ago

Colong Start Mudik Tak Dilarang, Kemenhub Perketat Pengawasan

SERIKATNEWS.COM – Berhubung adanya larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021, tak menutup kemungkinan masyarakat akan colong start mudik....

Populer

%d blogger menyukai ini: