Connect with us

Info Kesehatan

Atasi Patah Hati Melalui Olahraga Renang

Published

on

Foto: Instagram/Hotel Cantik

SERIKATNEWS.COM – Berenang memiliki dampak positif kesehatan tubuh. Tidak jika banyak orang sangat hobi berenang.

Selain membantu tubuh rileks, berenang juga dilakukan banyak orang untuk membantu menurunkan berat badannya.

Untuk diketahui, berenang tak hanya baik secara fisik, namun berenang juga memiliki manfaat untuk mental seseorang yang melakukannya.

“Berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan depresi secara signifikan,” kata Aimee C. Kimball, psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine, University of Pittsburgh Medical Center.

Dikutip dari psychcentral, pernyataan Aimee C. Kimball bukan tanpa alasan, sebab tubuh seseorang saat berenang akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia.

Menurutnya, zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres. Kemudian menggantinya dengan perasaan senang.⁠

Selain itu, berenang ini juga bisa menghentikan hormon stress dan mengubah rasa cemas karena sedih menjadi perasaan yang lebih rileks dan tenang.

Sederhananya, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf. Berenang dapat mempengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP).

ANP berfungsi untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, namun belum lama ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres.⁠

Baca Juga:  Lima Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan Tubuh
Advertisement

Popular