Connect with us

Ekonomi-Politik

Dampak Corona terhadap Penjualan Smartphone

Published

on

Ilustrasi: NAR

SERIKATNEWS.COM – Penjualan smartphone China diperkirakan merosot hingga 50 persen pada kuartal pertama tahun ini. Penyebabnya adalah kasus penyebaran virus corona baru.

Karena kasus tersebut, hingga saat ini masih banyak toko ritel elektronik tutup dalam periode yang diperpanjang.

Perusahaan riset Canalys menyebut produksi ponsel juga belum seluruhnya normal. Dalam keterangannya disebutkan bahwa wabah corona telah menghambat rencana ekspansi sejumlah perusahaan yang seharusnya meningkatkan bisnis industri tahun ini.

“Rencana peluncuran produk akan dibatalkan atau terhambat, acara-acara akbar di publik tidak akan diizinkan,” kata Canalys, dikutip dari Republika, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, Huawei merencanakan peluncuran produk 5G pada tahun ini untuk melesatkan penjualannya yang sempat jatuh. Akan tetapi, kasus wabah corona membuat Huawei harus rencana peluncuran tersebut.

Dengan demikian, Canalys memperkirakan pengiriman ponsel pintar China menurun setengahnya di kuartal pertama ini (yoy). Sementara perusahaan riset lain, IDC memproyeksikan penurunan sebesar 30 persen.

Lebih lanjut, Canalys mengatakan produksi pun masih terhambat karena beberapa perusahaan baru akan memulai operasional. Jika pabrik-pabrik ini tidak kembali produksi pada kapasitas normal, maka kemampuan brand untuk membawa produk terbaru ke market akan menurun.

Xiaomi Corp, Huawei, dan Oppo diproyeksikan seharusnya mengenalkan produk baru pada semester satu ini. Dikutip dari Reuters, Oppo mengatakan bahwa virus corona berpengaruh pada operasional pabrik lokal.

“Kapasitas manufaktur akan dijamin efektif karena pabrik di luar China,” katanya.

Baca Juga:  Kementan dan Kemenkumham Kembangkan Pertanian di LP
Advertisement

Popular