Gubernur Jatim Beri Hadiah Spesial untuk Keluarga Buruh

9
jatim
Ilustrasi (iNews)

SERIKATNEWS.COM – Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur (Jatim), memberikan hadiah spesial bagi keluarga buruh di peringatan Hari Buruh (May Day). Hadiah tersebut berupa kuota khusus masuk SMA/SMK negeri bagi mereka yang tidak mampu.

Kuota sebesar lima persen itu berlaku untuk semua SMA/SMK negeri di seluruh Jawa Timur. Hadiah itu disampaikan Khofifah di hadapan ribuan buruh yang hadir dalam aksi peringatan Hari Buruh di depan Kantor Gubernur di Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (1/5/2019).

“Kami ingin memberikan hadiah pada keluarga buruh, pekerja yang tidak mampu dan juga yang difabel, bahwa kita ada kuota lima persen khusus bagi anak-anak mereka yang akan masuk ke SMA/SMK negeri di seluruh Jatim,” kata Khofifah.

Menurutnya, anak-anak buruh yang sudah di kelas 3 SMP atau MTs bisa memanfaatkan kuota khusus lima persen ini untuk bisa masuk SMA/SMK negeri. Kuota ini diluncurkan pada Hardiknas nanti, prioritas ini ditujukan juga ke para difabel dan warga tak mampu.

Khofifah mengatakan, dengan adanya kuota masuk SMA/SMK negeri, akan mempermudah para anak buruh dan pekerja tidak mampu untuk bisa mengakses pendidikan berkualitas. Mereka juga tidak akan terbebani masalah biaya, karena SMA/SMK negeri se-Jatim digratiskan.

“Jadi sudah tidak pakai bayar SPP. Kalau sudah masuk SMA/SMK negeri,” ujarnya.

Baca Juga:  Kiai Ma'ruf : Tidak Mustahil Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia