Connect with us

News

Indonesia Mendapat Bantuan Vaksin dari Jepang

Published

on

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, memegang dokumen nota serah terima terkait bantuan vaksin COVID-19 dari Jepang untuk Indonesia (Foto: Antara)

SERIKATNEWS.COM – Indonesia mendapat bantuan vaksin COVID-19 dari Jepang. Bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan Jepang untuk upaya penanganan virus corona di Tanah Air.

Pertukaran nota terkait serah terima vaksin itu telah dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dengan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, Abdul Kadir Jailani, pada Selasa 29 Juni 2021.

“Menurut Jepang, jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan adalah hal yang penting guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage),” kata Kedubes Jepang dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa 29 Juni 2021.

Jepang menghibahkan vaksin mengingat adanya lonjakan drastis kasus harian COVID-19 sejak awal bulan Juni. Vaksin tersebut akan dibawa ke Indonesia pada tanggal 1 Juli dengan menggunakan pesawat.

“Guna mendukung upaya vaksinasi Indonesia, Jepang akan terus memberikan berbagai bantuan melalui kerja sama, baik dengan negara-negara terkait maupun organisasi internasional, demi segera berakhirnya pandemi COVID-19,” katanya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, ia telah melakukan komunikasi intensif terkait isu vaksin dan obat-obatan COVID-19 termasuk dengan Menteri Luar Negeri Jepang.

Sebelumnya, Retno telah melakukan pertemuan dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada Senin (28/6) di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Italia.

“Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi, maka Jepang akan menyumbangkan sekitar dua juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia,” kata Menlu.

Disebutkan, satu juta dosis pertama dijadwalkan tiba pada 1 Juli. Sementara satu juta dosis tambahan direncanakan akan tiba pada pertengahan Juli 2021.

Baca Juga:  Terima Jaringan Buruh Migran, KSP Tegaskan Komitmen Jokowi Lindungi Buruh Migran

“Dalam pertemuan, saya juga jajaki dengan Menlu Jepang mengenai kerjasama di bidang obat-obatan terapeutik. Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan kerjasama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini,” tukas Menlu. (*)

Advertisement

Terkini

News8 jam ago

99 Pegawai Pinjol Ilegal Diamankan Polda Metro Jaya

SERIKATNEWS.COM – Polda Metro Jaya mengamankan 99 pegawai pinjaman online. Mereka diamankan setelah Polda Metro Jaya menggerebek kantor Pinjol ilegal...

News8 jam ago

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

News9 jam ago

Cara Mudah Reaktivasi Nomor Telkomsel Prabayar yang Sudah Hangus

SERIKATNEWS.COM – Kini layanan reaktivasi (mengaktifkan kembali) nomor Telkomsel Prabayar yang telah hangus dapat dilakukan pelanggan dari mana saja dan...

News14 jam ago

PBHI Sumut Kecam Kerangkeng di Kediaman Bupati Langkat

SERIKATNEWS.COM – Adanya temuan dugaan perbudakan modern berupa kerangkeng atau penjara manusia di kediaman Bupati Langkat non aktif Terbit Rencana...

News17 jam ago

Kepala BPIP Populerkan Salam Pancasila Ke TNI AD Papua Barat

SERIKATNEWS.COM – Untuk menguatkan semangat kebangsaan, Salam Pancasila perlu dibudayakan kembali di kalangan masyarakat Indonesia. Salam Pancasila diperkenalkan oleh Presiden...

Olahraga22 jam ago

Anthony Martial Gabung Sevilla Hingga Akhir Musim

SERIKATNEWS.COM – Manchester United meminjamkan Anthony Martial klub Spanyol, Sevilla. Anthony Martial gabung Sevilla dengan status pinjaman di sisa musim...

News23 jam ago

PB PMII Soroti Pembangunan Power Plant PLTPB 2 di Gunung Dieng

SERIKATNEWS.COM – Pembangunan PLTPB 2 di Gunung Dieng dinilai tidak sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan...

Populer

%d blogger menyukai ini: