Connect with us

Peristiwa

KH Abdullah Syukri Zarkasyi Pengasuh Pondok Gontor Wafat, Berikut Rekam Jejak Tokoh Pendidikan Islam Modern Itu

Published

on

© Republika

SERIKATNEWS.COM – Pimpinan sekaligus pengasuh Pondok Modern Darrussalam Gontor, Ponorgo, Jawa Timur telah wafat pada hari Rabu (21/10/2020) sekitar pukul 15.50 WIB. Beliau adalah KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA.

Kabar tersebut resmi dari Humas Pondok Modern Darussalam Gontor maupun kalangan alumni. Beliau meninggal pada usia 78 tahun karena sakit.

KH Abdullah Syukri Zarkasyi adalah putra pertama dari salah satu trimurti pendiri Pondok Modern Gontor, KH Imam Zarkasyi.

“Mohon doanya semoga dosanya diampuni, dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan semoga husnul khatimah,” tutur Mujib Abdurahman, pejabat Humas Pondok Modern Gontor, saat dikonfoirmasi melalui Whatsapp.

Mujib lebih banyak memaparkan rekam jejak tokoh pendidikan Islam modern yang lahir pada 19 September 1942 itu.

“Beliau lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. Beliau adalah Putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor,” jelasnya.

Sosok KH Abdullah Syukri Zarkasyi dikenal sebagai sosok yang kutu buku, rajin membaca, terlebih ilmu-ilmu tentang dunia Islam. Beliau Lahir di lingkungan pesantren yang memiliki kultur pendidikan kuat. Almarhum tamat sekolah dasar di Desa Gontor pada 1954.

Pasca menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor pada 1960, KH Abdullah Syukri Zarkasyi melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta sampai mendapat gelar Sarjana Muda pada tahun 1965.

Gelar Lc. Beliau dapatkan di Al Azhar University Kairo, Mesir pada 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama sampai meraih gelar MA pada tahun 1978.

Sedangkan gelar Doctor Honoris Causa, beliau dapatkan pada tahun 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tidak hanya itu, beliau juga merupakan sosok yang aktif di dunia pergerakan dan organisasi berlatar belakang Islam. Beliau pernah menjadi pengurus HMI cabang Ciputat, Jakarta (1964), pengurus Himpunan Pelajar Islam di Kairo, Mesir (1971), pengurus PPI di Denhag, Belanda (1975), dan Pimpinan Pondok Modern Gontor (1985 – sekarang).

Baca Juga:  Sekretaris SMSI Provinsi Riau Wafat, Seluruh Warga SMSI Duka Mendalam

Meskipun sudah wafat, KH Abdullah Syukri masih tercatat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo (1999-sekarang), Ketua MP3A Kemenag Ponorogo (Majelis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999-sekarang) dan Dewan Penasihat MUI pusat.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Politik4 jam ago

RUU Pemilu Ciptakan Elektoral Sehat dan Murah

SERIKATNEWS.COM – Komisi II DPR RI menargetkan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) bisa diselesaikan pada pertengahan 2021. Harapannya RUU...

Politik11 jam ago

Edhy Prabowo Ditangkap, Luhut Pengganti Sementara Jabatannya

SERIKATNEWS.COM – Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi ad interim Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Hal...

News17 jam ago

Sayangkan Demo Vandal, Ketua PP Jaktim: UU Ciptaker Penting Demi Majukan Iklim Investasi

SERIKATNEWS– Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Jakarta Timur menggelar kegiatan seminar online bertajuk “Undang-Undang Cipta Kerja dan Polemik Demonstrasi...

News18 jam ago

Generasi Muda Ka’bah Yogyakarta Deklarasi Dukung Suharso Munoarfa Jadi Ketum PPP

SERIKATNEWS– Keluarga besar Generasi Muda Ka’bah Wilayah D.I Yogyakarta mendeklarasikan dukungan kepada H. Suharso Monoarfa menjadi Ketua Umum PPP periode...

Hukum1 hari ago

KPK Resmi Tetapkan Edhy Prabowo sebagai Tersangka Suap

SERIKATNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus suap. KPK menyita...

Hukum1 hari ago

Diduga Korupsi Ekspor Benur, Edhy Prabowo Ditangkap

SERIKATNEWS.COM – Penyidik senior KPK Novel Baswedan turun tangan dalam aksi penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Dalam...

News2 hari ago

Projo: Jangan Takut Memilih di Pilkada 2020, Taati Protokol Covid-19

SERIKATNEWS.COM – DPP Projo menyerukan kepada masyarakat agar menyambut Pilkada 2020 dengan bersemangat. Sekretaris Jenderal DPP Projo Handoko mengatakan masyarakat...

Populer

%d blogger menyukai ini: