Connect with us

Cek Fakta

Mantan Peneliti Pfizer Sebut Vaksin Covid-19 dapat Sebabkan Kemandulan pada Wanita? Ini Cek Faktanya

Published

on

Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

KLAIM


Seorang mantan peneliti Pfizer dikabarkan mengajukan petisi kepada European Medicine Agency yang memperingatkan bahwa vaksin covid-19 dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Kabar itu beredar di media sosial.

 Akun Twitter @NikolovScience turut membagikan kabar itu pada 5 Desember 2020. Akun itu membuat cuitan berisi narasi sebagai berikut:

“BREAKING: Former Pfizer head of respiratory research Dr. Yeadon and the lung specialist and former head of the public health department Dr. Wodarg filed a petition with the European Medicine Agency warning that COVID vaccines may cause female STERILIZATION” atau dalam bahasa Indonesia.


FAKTA


Dari hasil penelusuran, klaim bahwa mantan peneliti Pfizer memperingatkan bahwa vaksin covid-19 dapat menyebabkan kemandulan pada wanita adalah salah. Faktanya, informasi ini dibantah sejumlah ahli.

Dilansir AFP Kanada, kabar itu berasal dari sebuah artikel yang diunggah oleh situs blog. Artikel tersebut mengutip perkataan mantan peneliti Pfizer Michael Yeadon dari profil LinkedIn- nya mengatakan dia meninggalkan Pfizer, tempat dia bekerja pada penelitian alergi dan pernapasan, pada tahun 2011 – delapan tahun sebelum dimulainya pandemi virus korona.

Yeadon mengklaim bahwa vaksin Covid-19, yang pertama kali diberikan kepada publik pada 8 Desember, akan melatih sistem kekebalan untuk menyerang protein yang terlibat dalam pembentukan plasenta, syncytin-1, yang menyebabkan kemandulan bagi wanita.

Namun, ini bukanlah cara kerja vaksin messenger Ribonucleic Acid (mRNA), yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan Jerman BioNTech, menurut Dasantila Golemi-Kotra , seorang profesor di bidang mikrobiologi di York University.

“Vaksin mRNA bekerja dengan menyediakan tubuh dengan molekul instruksional, seperti mRNA, yang memberi tahu sel manusia bagaimana mensintesis protein virus (protein lonjakan yang terkenal),” katanya kepada AFP melalui email.

Vaksin (mRNA), seperti yang dikembangkan bersama oleh Pfizer dan BioNTech, tidak mengandung protein apa pun dari virus itu sendiri, melainkan instruksi bagi tubuh untuk mensintesis protein virus sehingga sistem kekebalan belajar untuk mempertahankan diri melawannya. .

Annette Beck-Sickinger , profesor di Universitas Leipzig, mengatakan bahwa “jika klaim syncytin ini benar, setiap wanita yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19 akan menjadi tidak subur, tetapi tidak demikian.”

Meskipun vaksin Pfizer-BioNTech adalah yang pertama menggunakan mRNA secara komersial, mRNA ditemukan pada awal 1960-an, dengan pengujian pada hewan dimulai pada 1990-an.

Vaksin ini “diuji, karena pengawasan, dengan standar yang lebih tinggi dalam hal bagaimana kita melakukan sesuatu,” Pfizer CEO Albert Bourla mengatakan saat briefing pada tanggal 8 Desember.

Dervila Keane, juru bicara Pfizer, juga mengatakan bahwa “tidak ada data yang menunjukkan bahwa kandidat vaksin Pfizer BioNTech menyebabkan kemandulan.”

“Ada anggapan yang salah bahwa vaksin Covid-19 akan menyebabkan kemandulan karena urutan asam amino yang sangat pendek dalam lonjakan protein virus SARS-CoV-2 yang digunakan bersama dengan protein plasenta, syncytin-1,” kata Keane.

Referensi:

Baca Juga:  Hoaks, Seorang Pilot Meninggal dalam Penerbangan setelah Divaksin Covid-19

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWLeZBK-cek-fakta-mantan-peneliti-pfizer-sebut-vaksin-covid-19-dapat-sebabkan-kemandulan-pada-wanita-ini-cek-faktanya

https://factcheck.afp.com/covid-19-vaccine-not-shown-cause-female-sterilization

https://archive.md/ROrwr

Advertisement
Advertisement

Terkini

News3 jam ago

Dikukuhkan, PB PMII Tuntut PMII Probolinggo Miliki Multi Skill

PROBOLINGGO,- Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Probolinggo Raya dilantik, Jum’at (3/12/2021) siang. Prosesi pelantikan digelar di...

News3 jam ago

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  

JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan memastikan ketersediaan kedelai untuk bahan baku tempe dan tahu dalam negeri...

Hari Disabilitas Internasional Hari Disabilitas Internasional
Sosial-Budaya6 jam ago

UIN SUKA Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta jadi tuan rumah acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional, dengan...

News8 jam ago

Sejumlah Wilayah di Jrengik Sampang Terendam Banjir

SERIKATNEWS.COM – Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat, 03 Desember 2021. Banjir terjadi...

Sosial-Budaya8 jam ago

Kemendikbudristek Komitmen Sukseskan Program Digitalisasi Pendidikan

SERIKATNEWS.COM – Kemendikbudristek menyampaikan komitmen untuk selalu menyukseskan program digitalisasi sekolah. Cakupannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi, tetapi juga...

Ekonomi8 jam ago

Raup Untung dari Limbah Patin

SERIKATNEWS.COM – Industri pengolahan perikanan menyisakan limbah berupa tulang, kulit, sirip, kepala, sisik, jeroan, maupun cairan. Limbah tersebut diperkirakan memiliki...

Olahraga23 jam ago

Live Streaming MU Vs Arsenal

SERIKATNEWS.COM – Manchester United (MU) vs Arsenal tersaji dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12/2021),...

Populer

%d blogger menyukai ini: