Connect with us

Ekonomi-Politik

Para kades Bersemangat Mewujudkan Keadilan Sosial Di Desa

Published

on

SERIKATNEWS.COM- Anggota MPR RI Dapil Jatim 6 dari Fraksi PDIP, Eva Sundari, mengajak para kades membuat perencanaan pembangunan untuk mewujudkan sila 5, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Kades Tulungagung dan dihadiri 150 kepala desa dan 2 camat tersebut diadakan di Hotel Istana Tulungagung pada Hari Senin (10/12/18).

Selain Eva Sundari, ada Budiman Sujatmiko yang juga anggota MPR dari Fraksi PDIP dan Mohammad Arifin, Wabup Kab Trenggalek yang juga dari PDIP. Semua narasumber bersepakat bahwa salah satu indikator sila 5 yang operasional adalah “Bersama-sama memperjuangkan kemandirian perekonomian dan kemajuan kesejahteraan yang berkeadilan”.

Eva Sundari mengingatkan bahwa Pancasila harus digunakan sebagai inspirasi sekaligus orientasi dalam berupaya memajukan kesejahteraan umum. “Kita harus bekerja keras dengan cerdas, tapi juga mempunyai orientasi jelas yaitu Pancasila yang intinya adalah gotong royong atau kolaborasi karena konsep ini menjamin keadilan sosial,” kata Eva Sundari dalam paparannya.

Wabup Arifin memaparkan Program Desa Emas dari KEIN yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek. “Program ini berhasil memutus ketergantungan petani pada pupuk kimia dengan mendirikan bengkel pupuk organik secara gotong royong untuk memenuhi kebutuhan strategis petani yang bergabung dalam Program Desa Emas,”

Sementara Budiman Sujatmiko mengingatkan para kades untuk menyiapkan diri mengantisipasi perekonomian digital yang merupakan prasyarat berkembangnya perekonomian kreatif di pedesaan. Ia mengajak para kades untuk bergotong-royong mengembangkan kemampuan mengelola perekonomian kreatif melalui pendirian BUMDES Bersama misalnya dalam satu kecamatan maupun lintas kecamatan.

Para kades merespon positif dan meminta penyelenggara membuat tindak lanjut berupa pengorganisasian pelatihan-pelatihan bagi terwujudnya kawasan perekonomian kreatif di desa-desa yang terintegrasi. Ketua Kades Sidomulyo, Mulyono, yang juga Ketua Paguyuban kades menyanggupi, “Saya semangat dengan gagasan operasionalisasi Pancasila dalam merencanakan pembangunan desa. Saya bersedia untuk mengorganisasi tindak lanjut sosialisasi ini”.

Baca Juga:  Kemkominfo Temukan 30 Hoaks Berkaitan Kerusuhan 22 Mei

Sosialisasi 4 Pilar MPR siang itu berakhir setelah ada pengarahan singkat dari camat Pagerwojo dan Karangrejo yang menyarankan pembentukan tim kecil untuk menyiapkan rencana tindak lanjut setelah sosialisasi. Para kades bergembira karena hasil sosialisasi memperluas perspektif sekaligus rencana konkrit untuk masa depan desanya.

Advertisement

Popular