Connect with us

Sosial

Pemda Provinsi Jawa Barat Akan Bangun Empat Pusat Budaya

Published

on

Budaya

SERIKATNEWS.COM – Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, mengatakan bahwa pihaknya akan membangun empat pusat kebudayaan pada tahun ini. Kabupaten/kota di zona Priangan akan menjadi yang pertama, yaitu Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Subang.

Menurut Emil, pembangunan pusat-pusat kebudayaan ini sebagai bentuk kepedulian Pemda Provinsi Jawa Barat terhadap pelestarian budaya Sunda. Nantinya, berbagai khasanah seni dan budaya Sunda khas kabupaten/kota hingga taman untuk mengenang para seniman dan budayawan Sunda akan hadir di setiap kabupaten/kota di Jabar.

“Pusat kebudayaan ini menandakan pemerintah provinsi (Jawa Barat) sangat peduli dalam pelestarian budaya Sunda. Jadi, nanti wayang golek, pencak silat, kecapi suling, tari jaipongan, dan sebagainya. Nanti di sana (pusat kebudayaan) ada pojok Cepot, ada Taman Asep Sunandar Sunarya, ada Taman Kang Ibing dan sebagainya bisa dihadirkan di pusat-pusat budaya sesuai makomnya,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (6/3/2019).

Pemda Provinsi Jabar menganggarkan Rp5 Miliar untuk setiap pusat kebudayaan yang akan dibangun. Namun, tidak menutup kemungkinan ada kerja sama penganggaran dari kabupaten/kota bersama provinsi.

“Pusat kebudayaan segituh dulu (Rp5 Miliar) nanti dilanjutkan di 2020 buat tambahannya, sambil menambahi yang baru. Nanti kombinasi (anggaran kabupaten/kota dengan provinsi),” kata Emil.

Sementara itu, budayawan Tisna Sanjaya mendukung pendirian gedung atau pusat kebudayaan di kabupaten/kota di Jawa Barat. Menurutnya, pusat kebudayaan sangat penting dan jelas dinantikan kehadirannya oleh masyarakat saat ini.

Tisna Sanjaya berharap, hadirnya pusat kebudayaan ini dapat menjadi pusat pengembangan, pelestarian, riset, hingga pendidikan budaya sekaligus. Artinya, fungsi pusat kebudayaan yang hendak dibangun Pemda Provinsi Jawa Barat, harus total dan menyeluruh.

Baca Juga:  Gubernur NTB Perpanjang Masa Tanggap Darurat Gempa

Apalagi, lanjut Tisna Sanjaya, di setiap kota/kabupaten di Jawa Barat memiliki khasanah dan kekhasan budaya masing-masing. Maka pusat kebudayaan ini bisa hadir sebagai ‘treatment’ khusus dari pemerintah. Bagi Tisna, kabar dibangunnya pusat kebudayaan di setiap kabupaten/kota menjadi ‘angin segar’ bagi para pelestari budaya khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

“Saya senang, kalau Pemprov Jabar berencana membangun pusat kebudayaan. Kalau bisa juga melibatkan para ahli dan budayawan itu sendiri, sehingga pusat kebudayaan nantinya juga bisa menjadi pusat riset, sekaligus pusat pendidikan terkait budaya,” ujar Tisna.

Tisna Sanjaya pun menambahkan bahwa Jawa Barat memiliki kekayaan budaya dan cara hidup dalam kehidupannya sehari-hari. Cara hidup ini tercermin dalam perilaku dan ekspresi. Kearifan lokal inilah yang direkam dan menjadi inspirasi dalam mengkreasikan budaya Jawa Barat.

“Jadi, hal- hal seperti itulah yang harus juga diperhatikan, dikumpulkan data-data semacam itu untuk menjadi sumber data, sumber sejarah, sumber riset, bagi bangunan budaya yang hendak didirikan, sehingga gedung budaya bisa menjadi rekam jejak kemajuan peradaban Jawa Barat dan gedung budaya menjadi pusat segalanya,” katanya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Pendidikan43 menit ago

Forum Mahasiswa Ushuluddin se-Indonesia Gelar Konsolnas di Jogja

SERIKATNEWS.COM – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (DEMA-FUPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam rangkaian...

Hukum54 menit ago

Kabid Humas Polda Metro Jaya Berharap HRS Taat Hukum

SERIKATNEWS.COM – Kepolisian tengah mengagendakan kembali pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab, karena beberapa waktu lalu HRS tidak memenuhi panggilan penyidik....

Olahraga5 jam ago

Markas Napoli Resmi Bernama Stadion Diego Armando Maradona

SERIKATNEWS.COM – Napoli resmi mengganti nama markasnya menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama stadion ini telah disetujui oleh pemerintah...

Peristiwa5 jam ago

Gempa M 4,3 Guncang Seluma

SERIKATNEWS.COM – Terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,3 di Seluma, Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Akun...

Pariwisata6 jam ago

Diving di Laut Raja Ampat, Wamendes PDTT: Potensi Alam Raja Ampat Sangat Luar Biasa

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi melakukan kunjungan kerja ke kampung...

Hukum15 jam ago

Ubah Lafadz Adzan jadi Seruan Jihad, Pria di Cibadak Diamankan Polisi

SERIKATNEWS.COM – Seorang pria berinisial SY (22) ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengubah lafadz azan. SY (22) diamankan di Jalan...

Hukum17 jam ago

Iyut Bing Slamet Positif Sabu

SERIKATNEWS.COM – Iyut Bing Slamet harus kembali berurusan dengan polisi. Dia ditangkap Satuan Resersse Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020)...

Populer

%d blogger menyukai ini: