Connect with us

Sosial-Budaya

Tiga Anak Rendra Baca Puisi di Sastra Bulan Purnama Tembi

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Tiga anak dari almarhum WS Rendra yaitu Theodorys Setya Nugroho yang lebih dikenal dengan nama Tedy Rendra, Clara Sinta, dan Rachel Saraswati, dijadwalkan tampil membacakan puisi karya si Burung Merak di Amphytheater Tembi Rumah Budaya Jalan Parangtritis Km 8,5 Timbulharjo Sewon Bantul, Rabu (16/10/2019) malam.

Tidak hanya itu, pembacaan puisi juga akan dipertunjukkan oleh putri Teddy alias cucu Rendra, Rowan Lintang Raina Mataram. Puisi Rendra yang akan dibacakan Rowan adalah puisi yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

“Kebetulan anak saya yang tinggal di Inggris pulang, sekalian saya minta membaca puisi papa yang sudah diterjemahkan, Rowan Lintang Raina Mataram nama anak saya,” ujar Tedy seperti dikutip dari koranbernas.id, Kamis (10/10/2019).

Selain itu, seorang aktor andal dari Yogyakarta, Landung Simatupang, juga akan ikut membacakan puisi Rendra. Lagu puisi karya Rendra akan dinyanyikan oleh Untung Basuki, Tatyana dan Umar Muslim. Untung Basuki akan membawakan tiga lagu puisi Rendra yang sudah lama digarapnya dan sering dipentaskan di acara sastra.

Ketiga lagu itu berjudul Sebatang Lisong, Maju Perang dan Mengolah Kesadaran. Sedang Tatyana dan Umar Muslim membawakan lagu puisi Rendra berjudul Serenda Hijau, Kangen, Burung Hitam, Ibunda (Engkau adalah bumi), Kali Hitam, Stanza dan Kenangan serta Kesepian.

Ketua Yayasan Rumah Budaya Tembi sekaligus pemilik Tembi Rumah Budaya, N Nuranto melihat Rendra bukan saja aset bagi keluarga tetapi juga bangsa. Karya-karyanya terus diterbitkan karena itu perlu dikelola.

“Saya kira anak-anak Rendra, secara bersama perlu mengelola aset-aset Rendra, bukan hanya apa yang ditinggalkan, tetapi nama besar Rendra itu sendiri adalah aset. Mengelola untuk mengembangkan kebudayaan di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:  Tari Indang Tampil Memukau pada Pertemuan Wisata di Korsel

Tedy selaku anak tertua dari Rendra memang sejak kecil sudah ikut bergulat kesenian melalui Bengkel Teater menyebutkan. “Menemani papa menjalani titah untuk mati adalah judul panggilan kesenimanan Bengkel Teater yang membuatku datang ke Jakarta waktu itu,” kata dia.

“Itu merupakan pelajaran terindah mengenai sikap seorang abdi membela cintanya pada kedaulatan bangsa,” tambahnya.

Sedangkan bagi Clara Sinta, Rendra adalah seorang pujangga. Buah pikirannya yang dituliskan menembus waktu ke depan dengan kata-kata padat, luas dan sarat makna serta relevan sepanjang masa.

“Rendra, bagi saya lengkap dan penuh warna. Ia seorang guru laku hidup,” ujarnya.

Koordinator Sastra Bulan Purnama, Ons Untoro, mengatakan karya-karya Rendra sudah banyak diterbitkan bahkan diterbitkan ulang oleh penerbit yang berbeda-beda.

Mungkin anak-anaknya tidak memiliki koleksi lengkap karya-karya Rendra yang sudah diterbitkan. “Tedy sendiri tidak memiliki buku puisi bapaknya, perlu dicarikan buku puisi agar dia bisa memilih puisi mana yang akan dia baca,” katanya.

Mungkin Auk, panggilan Clara Sinta, memiliki dokumentasi buku-buku puisi Rendra. Puisi-puisi Rendra sering dibacakan dalam acara sastra oleh generasi yang berbeda, bahkan dibacakan oleh generasi mileneal yang Rendra sendiri tidak mengenalnya.

Puisinya sering menjadi bacaan wajib atau puisi pilihan acara lomba baca puisi. Mungkin, anak-anak Rendra sendiri malah jarang tampil membacakan puisi bapaknya di depan publik.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News21 jam ago

Program Kartu Prakerja Sudah Jalani Audit Inspektorat Kementerian, BPK, BPKP, hingga Taati Saran KPK

SERIKATNEWS.COM – Pelaksanaan Program Kartu Prakerja telah menjalani audit, reviu dan evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenko Perekonomian, Inspektorat Jenderal Kementerian...

Ekonomi21 jam ago

Program Kartu Prakerja Atasi Tiga Masalah Utama Ketenagakerjaan Indonesia

SERIKATNEWS.COM – Kondisi ketenagakerjaan Indonesia sebelum masa pandemi Covid-19 ditandai dengan tiga hal yang sangat menonjol. Yakni, rendahnya produktivitas kerja,...

News21 jam ago

Kesiapan UGM Sambut Peserta CBT UM

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak 36.470 peserta mengikuti Computer Based Test Ujian Masuk Univeritas Gadjah Mada (CBT-UM UGM) 2021 hari pertama yang...

News2 hari ago

Brigjen Pol Sukawinaya Jabat Sestama BNN, JARRAK: Sosok Penuh Prestasi

SERIKATNEWS- Sebanyak 12 pejabat Badan NarkotikaNasional (BNN) RI yang terdiri dari pimpinan tinggipratama, administrator, dan penyidik madya dilantiksekaligus melakukan sumpah...

News2 hari ago

PLN Apresiasi Ditjen Minerba dan 48 Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN mengapresiasi dukungan pemerintah dan 48 mitra pemasok batu bara dalam penyediaan bahan bakar pembangkit demi menjaga keandalan pasokan...

News2 hari ago

Sanggar Belajar: Tingkatkan Semangat Literasi Desa melalui Edukasi Alternatif

SERIKATNEWS.COM- Pemuda Jatiurip menyelenggarakan edukasi Alternatif dunia literasi. Program Dunia literasi yang dijalankan ini sesuai dengan program Karang Taruna Desa...

Olahraga2 hari ago

Dukung Ajang PON XX di Papua, PLN Siapkan Perkuatan Keandalan Listrik 

SERIKATNEWS.COM- PLN siap menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Progres pekerjaan kelistrikan untuk...

Populer

%d blogger menyukai ini: