Connect with us

Ekonomi-Politik

Tol Yogyakarta-Solo Memiliki Rest Area di Wilayah Klaten

Published

on

Yogyakarta-Solo

SERIKATNEWS.COM – Jalan tol Yogyakarta-Solo dipastikan tidak akan memiliki rest area di wilayah DIY. Rest area di trase ini dipastikan hanya ada dua titik di wilayah Klaten, Jawa Tengah.

“Untuk jalan tol yang masuk wilayah DIY, tidak ada rest areanya. Hanya ada dua titik di Klaten,” kata Totok Wijayanto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Bawen, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, jika pemerintah daerah tetap ingin membangun rest area di luar jalan tol, hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan bukan lagi kewenangan dari Satker.

“Pada prinsipnya, tol memang memiliki dilengkapi dengan rest area. Sampai saat ini seperti itu (keputusannya). Jadi untuk jalan tol yang masuk DI Yogyakarta tidak ada rest area,” katanya.

Alasannya, lanjut Totok, tidak adanya rest area tersebut sesuai dengan permintaan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tujuannya agar pengguna jalan tol bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar tol.

“Kalau rest area ada di dalam tol, orang tidak mau ke luar (masuk Yogyakarta). Kalau tidak ada rest area nanti yang dari Surabaya bisa masuk Yogyakarta,” kata Totok Wijayanto, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com.

Walapun tidak memiliki rest area, para pengguna jalan tol yang akan beristirahat atau berbelanja nantinya bisa menggunakan jalur exit tol atau on off menuju wilayah Sleman ataupun Kota Yogyakarta.

Baca Juga:  Projo: Visi Indonesia Presiden Jokowi Menggerakan Perubahan
Advertisement

Popular