Tradisi Ramadan di Masjid Sunan Giri Gresik

14
masjid
Ilustrasi (suara.com)

SERIKATNEWS.COM – Selama bulan suci Ramadan 1440 H, Masjid Besar Ainul Yaqin Sunan Giri yang berada di kompleks wisata religi makam Sunan Giri, Kota Gresik, Jawa Timur, menggelar rangkaian acara keagamaan untuk mempertebal keimanan umat muslim.

Masjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1544 oleh Nyai Ageng Kabunan, cucu dari Sunan Giri itu selalu ramai didatangi oleh para peziarah selama Ramadan.

Menurut Muhammad Ma’arif, salah satu koordinator humas masjid Sunan Giri, banyak sekali kegiatan seperti Khataman Alquran dan pengajian Qobla Ifthar yang diisi oleh sejumlah ustaz dari Gresik maupun kota sekitarnya.

Tidak hanya itu, pengajian Ramadan putri, tadarus Alquran remaja putra, tadarus Alquran remaja putri hingga tadarus Alquran dewasa putra selalu diadakan setiap hari dengan waktu yang berbeda, hingga peringatan Nuzulul Quran.

“Kami banyak sekali mengadakan kegiatan selama bulan puasa ini. Mulai dari khataman Alquran, tadarus setiap hari hingga pengajian yang di isi ustaz dari Kota Gresik maupun dari luar kota,” kata Ma’arif, Kamis (9/5/2019), seperti dikutip dari suara.com.

Menurutnya, untuk salat tarawih diimami oleh imam khufat dari Kota Gresik dan kota lainnya dengan mengkhatamkan 30 juz Alquran selama Ramadan. Sementara untuk takjil dan buka puasa, setiap hari pengurus masjid Sunan Giri menyediakan seratus takjil berikut nasi bungkus, khusus untuk para peziarah yang datang.

Jumlah itu akan lebih banyak lagi apabila di waktu pengajian setiap hari Selasa dan Jumat. Jumlah konsumsi yang dibagikan hampir mencapai seribu nasi bungkus ditambah konsumsi lainnya.

“Untuk takjil dan berbuka puasa, kami bisa menyediakan hingga ratusan setiap hari takjil dan konsumsi untuk buka puasa maupun pengajian. Selain itu kita sediakan kurma dan jajanan,” imbuhnya.

Baca Juga:  PBNU: Jangan Berpikir Meniadakan Pendidikan Agama

Ma’arif mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sudah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan sudah menjadi tradisi di masjid Sunan Giri setiap bulan Ramadan tiba.

“Kegiatan ini sudah dilakukan puluhan tahun, bahkan bisa dikatakan sudah menjadi tradisi,” imbuh Ma’arif.