Yang Harus Disiapkan Untuk Ikutan Women’s March

812

Setelah sukses diikuti hampir seribu peserta tahun lalu, Women’s March tahun ini kembali digelar. Di Jakarta, Women’s March akan dilaksanakan pada 3 Maret mendatang dengan titik kumpul di depan Hotel Sari Pan Pacific pada 08.00 WIB. Untuk pertama kalinya di Indonesia, aksi ini digelar di 12 kota selain Jakarta, yaitu Bandung, Denpasar, Kupang, Lampung, Malang, Pontianak, Salatiga, Serang, Sumba, Surabaya, Tondano, dan Yogyakarta.

Ada banyak alasan untuk terlibat dan bersama-sama memperjuangkan hak manusia. Melihat misi yang diperjuangkan, rasanya tak ada alasan untuk kamu, aku, dan kita semua untuk tidak ikut Women’s March tahun ini.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum ikut Women’s March di kotamu:

Niat dan pengetahuan

Yang paling utama yang harus kamu persiapkan adalah niat. Yap, bulatkan tekadmu untuk benar-benar suarakan perjuangan hak bersama. Niat juga diperlukan supaya kamu tidak gampang ‘gugur’ di tengah perjuangan.

Selain niat, kamu juga harus memahami kenapa kamu berjuang bersama. Pengetahuan soal tuntutan tahun ini, penyelenggara, komunitas yang terlibat, serta rute perjalanan juga tak kalah pentingnya agar aksi ini berjalan lancar. Jangan sampai kamu hanya bisa terbengong-bengong di sana, ya!

Kondisi Fisik yang Prima dan Kebutuhan Pribadi

Selain hati dan pikiran, fisikmu juga harus dijaga! Pastikan kamu punya fisik yang prima untuk kuat berjalan kaki mengikuti long march. Sebab, kamu akan berjalan dari depan Hotel Sari Pan Pacific hingga ke Taman Aspirasi, yaitu sekitar empat kilometer.

Karenanya, penting untuk kamu tidak lupa membawa air minum. Usahakan bawa air minum dalam botol sendiri, biar hemat dan enggak nyampah. Juga kalau kamu punya penyakit tertentu, bawa juga obat-obatannya. Mencegah itu lebih penting daripada terlanjur kejadian dan enggak bisa berbuat apa-apa, loh! Apalagi, berjalan jauh memungkinkan badan jadi lemas, pusing, bahkan migrain. Jadi, enggak ada salahnya untuk mengantisipasi.

Baca Juga:  Anies Baswedan Ingkar Janji Kepentingan Buruh, disebut "Bapak Pembohong"

Pakaian yang Nyaman

Tahun ini Women’s March menggunakan warna ungu dan hijau tosca sebagai warna utama. Agar semakin maksimal, tidak ada salahnya juga untuk kamu menggunakan pakaian berwarna senada dengan tema tahun ini.

Usahakan juga untuk menggunakan pakaian yang berbahan katun agar menyerap keringat dan nyaman digunakan. Gunakan juga alas kaki yang nyaman, seperti sneaker atau flatshoes. Poinnya adalah, kamu akan berjalan jauh di tengah ribuan orang, dan kenyamanan adalah hal yang harus diutamakan.

Uang Tunai

Di era cashless society ini, sebagian besar masyarakat memang lebih memilih untuk meninggalkan uang tunai dengan berbagai alasan, mulai dari keamanan hingga penghematan. Tapi kali ini, sebaiknya kamu membawa uang tunai secukupnya, deh. Sebab, uang tunai akan berguna di saat kamu butuh membeli keperluan di sepanjang jalan, yang pasti tidak mungkin semuanya menyiapkan pembayaran kartu. Jadi, siapkan uang tunai, ya. Secukupnya!

Poster

Yang terakhir tapi enggak kalah penting adalah atribut yang tepat! Salah satu atribut yang paling cocok adalah poster. Poster bisa berisi tuntutanmu atau kata-kata sebagai ajakan peduli terhadap isu yang kamu perjuangkan. Ada baiknya poster kamu buat menarik supaya mudah diingat. Sehingga, maksudmu juga dapat tersampaikan dengan lebih baik.

Nah, kalau kamu bingung cara membuat poster yang bagus, enggak perlu khawatir! Chief Engagement Officer Campaign.com Benjamin Xue memberikan tips membuat poster yang keren! Kalau kamu menerapkannya, dijamin postermu bakal kece badai!

Selebihnya, kamu bisa sesuaikan sendiri dengan kebutuhanmu. Perlu diingat juga untuk tidak bawa senjata tajam atau alat-alat yang bisa membahayakan orang lain, ya. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan! Jangan sampai aksi bertujuan baik ini malah dinodai dengan tindakan-tindakan yang merusak dan mengotori lingkungan, ya!

Baca Juga:  Surat Cinta Untuk Pak Bupati

Yuk, suarakan hak kalian untuk Indonesia yang lebih baik! Jangan lupa ajak teman-temanmu!

*Penulis adalah Media Engagement Campaign.com, sebuah social tech enterprise fokus membantu orang muda membuat perubahan, untuk Indonesia dan dunia yang lebih baik.