Connect with us

Ekonomi

Andong Malioboro Banting Harga Demi Mendapatkan Penumpang

Published

on

Andong di kawasan Malioboro © MP/Serikat News

SERIKATNEWS.COM – Selama pandemi COVID-19, para pemilik andong di kawasan Malioboro mengalami masa suram. Tak ada wisatawan yang menggunakan jasa mereka. Sebelum pandemi untuk menikmati jalan-jalan dengan andong, wisatawan harus merogoh kocek Rp150.000 hingga Rp200.000.

Namun, selama masa wabah virus korona, kunjungan turis ke Malioboro anjlok. Hanya saja moda transportasi tradisional itu tetap setia menunggu penumpangnya. Saat ini, tampak ada puluhan andong sudah beroperasi tiap harinya di Malioboro.

“Yang penting bagi kami di masa sulit ini karena baru mulai beroperasi tarifnya bisa dirembug, tergantung kesepakatan,” ujar seorang kusir andong Malioboro, Wuryadi, seperti dilansir dari Tempo, Kamis (17/7/2020).

Wuryadi mengaku bahwa sejak beroperasi kembali akhir pekan lalu (Sabtu, 11 Juli 2020), dalam sehari sudah bisa mendapat satu hingga dua kali orderan. Dia mengatakan bahwa tarif yang disepakati rata-rata masih di bawah Rp100.000 sekali tarikan.

“Wisatawan lokal soalnya, belum ada turis asing,” katanya.

Kusir asal Potorono Kabupaten Bantul itu bersyukur, sebab perlahan-lahan kawasan Malioboro pulih kembali walaupun wisatawan tak sebanyak seperti sebelum masa pandemi. Dia mengaku selama empat bulan terakhir saat andongnya harus diparkir karena wabah, kesehariannya hanya mencari rumput untuk merawat kudanya.

Untuk mencukupi kebutuhan hidup, ayah satu anak itu mengaku hanya mengandalkan sisa tabungan dan akhirnya berutang ke kerabat karena pekerjaan juga sulit diperoleh. Oleh karena itu, saat pemerintah mengizinkan kembali andong beroperasi di Malioboro dengan protokol normal baru, dia langsung bersemangat.

“Soal dapat atau tidak penumpang ya pasrah, yang penting soal tarif bisa dinegosiasi, tidak bisa mematok seperti dulu (sebelum wabah),” imbuhnya.

Biasanya saat wisatawan ke Malioboro, banyak di antara mereka menggunakan andong untuk menyusuri Malioboro dan sekitarnya, seperti ke Keraton, Alun-alun Utara, Pusat Kaos Rotowijayan, dan pergi belanja bakpia di kampung Patuk Yogyakarta.

Baca Juga:  Wamendes Resmikan Desa Digital Cirangkong Subang

Selain wisatawan, para pedagang dan buruh di Pasar Beringharjo yang hendak pulang kerja, biasanya juga masih memilih andong sebagai salah satu moda transportasi yang bertahan hingga petang. Soal tarifnya, tentu saja untuk pedagang atau buruh berbeda atau lebih rendah dibandingkan tarif yang ditarik dari wisatawan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Malioboro, Ekwanto menjelaskan bahwa andong dan juga becak memang sudah diizinkan beroperasi kembali sejak akhir Juni 2020. Akan tetapi, andong dan becak yang bisa beroperasi apabila sudah mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk andong yang beroperasi di antaranya wajib menyediakan penyekat antara kusir dan penumpang, kusir memakai masker dan menyediakan hand sanitizer,” ujarnya.

“Sudah ada kesepakatan, kalau tidak memenuhi protokol kesehatan petugas akan memintanya untuk kondur (pulang),” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News5 jam ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News5 jam ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News13 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News14 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News14 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle17 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News19 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: