Connect with us

Potret

John Paul DeJoria, Seorang Tunawisma yang Jadi Miliarder Berharta Rp37 Triliun

Published

on

John Paul DeJoria (Foto: CNBC)

SERIKATNEWS.COM – John Paul DeJoria adalah seorang pebisnis yang sukses menjadi miliarder di Amerika Serikat (AS). DeJoria adalah co-founder perusahaan pembuat produk perawatan rambut John Paul Mitchell Systems, dan juga produsen tequila Patrón Spirits Co.

Berdasarkan catatan Forbes per 23 Januari 2021, total kekayaan DeJoria sebesar USD 2,7 miliar atau sekitar Rp37,8 triliun (kurs 14.021 per dolar AS).

Dilansir dari NBC News, Sabtu (23/1/2021), DeJoria dibesarkan oleh ibunya di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) sebelum akhirnya terpaksa masuk ke sistem pengasuhan karena tak bisa lagi menafkahinya. Dalam dua waktu terpisah dalam hidupnya, DeJoria pernah menjadi tunawisma dan tinggal di mobilnya.

Satu-satunya cara agar bisa membuat hidupnya lebih baik, DeJoria memutuskan mengambil tantangan langsung di awal kariernya.

Tantangan ekonomi dijadikan sebagai peluang bekerja keras. Ketika tidak ada uang untuk makan, ia akan menjual kartu Natal. Pada saat tidak bisa kuliah karena tak ada biaya, dia mulai menjual ensiklopedia.

DeJoria menuturkan bahwa dirinya tak pernah bergantung pada siapa pun. “Jika Anda berharap makan siang gratis datang sendiri, Anda tidak akan pergi jauh dan Anda akan sangat bosan. Keluar dan lakukan sesuatu,” tuturnya.

DeJoria belajar dari pengalaman hidup yang keras. Sehingga dia menyarankan generasi muda untuk menerobos batasan. Cepat angkit kembali setelah masa-masa sulit, dan temukan kesuksesan.

Pelajaran itu didapatkannya sebelum mendirikan usahanya, John Paul Mitchell Systems. Ia mempelajari seluk-beluk bisnis perawatan rambut ketika bekerja untuk Redken dan Fermodyl Hair Care. Ia dipecat dari kedua perusahaan tersebut.

Kesuksesan John Paul Mitchl Systems merupakan hasil dari promosi mulut ke mulut, dan akhirnya mendapatkan perhatian dari distributor pertamanya.

Baca Juga:  Bekerja Membuat Stempel, Pria Ini Merantau dari Bojonegoro ke Sampang Madura

Setelah itu, produk-produk perawatan rambutnya terjual di berbagai salon dan berhasil membuat perusahaannya bernilai jutaan dolar. DeJoria mendirikan perusahaan itu bersama rekannya dengan modal USD 700.

Yang ditekankan oleh DeJoria adalah selalu berupaya fokus pada masa depan. “Ketika sedang susah, kebanyakan orang berpikir tentang masa lalu dan apa yang membuat mereka bisa sampai di sana. Itu tidak akan membuat Anda maju. Pikirkan tentang apa langkah selanjutnya. Jangan diam di masa lalu, majulah,” katanya.

Advertisement

Terkini

News1 jam ago

Edy Mulyadi Dilaporkan Aliansi Pemuda Kalimantan ke Bareskrim Polri

  SERIKATNEWS.COM – Aliansi Pemuda Kalimantan melaporkan Edy Mulyadi terkait pernyataan Edy yang dilontarkannya melalui video yang menyinggung Kalimantan ke...

News8 jam ago

55 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Bilateral

SERIKATNEWS.COM- Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, menggelar pertemuan bilateral di Ruang Dahlia, The Sanchaya...

News9 jam ago

Dua RT di DKI Masuk Zona Merah Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak dua Rukun Tetangga (RT) di Jakarta masuk zona merah Covid-19 karena ada lebih dari 10 kasus aktif....

News10 jam ago

Antisipasi Omicron Masuk Desa, Gus Halim: Jangan Kendor Terapkan Protokol Kesehatan

SERIKATNEWS.COM- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak seluruh elemen desa untuk intensifkan Pemberlakuan...

News10 jam ago

Penyusunan UU Cipta Kerja Libatkan Partisipasi Publik

SERIKATNEWS.COM – Penyusunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja secara khusus klaster ketenagakerjaan dilakukan secara terbuka. Bahkan, telah...

News1 hari ago

Sekolah Polisi Negara Berperan Besar dalam Penanaman Nilai-nilai Pancasila

SERIKATNEWS.COM – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengapresiasi Kapolda Papua Barat dan Kepala SPN serta...

News1 hari ago

Munas KMNU Ke-8: Revitalisasi Peran Mahasantri untuk Bersinergi Menuju Era Society 5.0

SERIKATNEWS.COM – Keluarga Mahasiswa Nahdhatul Ulama (KMNU) telah menyelesaikan Musyawarah Nasional ke-8 di pondok pesantren Diponegoro, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta....

Populer

%d blogger menyukai ini: