Connect with us

Lifestyle

Kenali Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Otak

Published

on

Ilustrasi baca buku untuk mengasah otak (Foto: Huffpost)

SERIKATNEWS.COM – Otak manusia banyak melakukan ribuan tugas. Digunakan untuk berpikir setiap saat. Namun, sedikit demi sedikit otak mulai kehilangan ketajaman seiring bertambahnya usia.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya otak bisa ditingkatkan kualitas kemampuannya. Sehingga dalam mengingat dan berpikir tetap tajam dan kuat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Menjaga Nutrisi

Tentunya otak memerlukan asupan makanan bergizi. Sehingga bisa berfungsi dengan optimal. Maka, perbanyaklah konsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau dan kacang-kacangan.

2. Hindari Minuman Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif. Dalam banyak penelitian disebutkan proses berpikir dan memori seseorang akan cepat lemah apabila tak bisa menghindari minuman beralkohol.

3. Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin merupakan cara tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Adapun beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, meliputi: pertama, melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak. Kedua, mengurangi peradangan. Ketiga, mendorong perkembangan sel saraf baru. Keempat, merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak

Dengan banyaknya manfaat tersebut, maka disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

4. Istirahat Cukup

Untuk menjaga fokus dan kemampuan mengingat, maka istirahatlah yang cukup. Sebab saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar. Bahkan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantu untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

Baca Juga:  Fakta Unik 4 Pemeran Utama Drama Korea "True Beauty"

5. Meditasi

Meditasi bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kinerja otak. Pada sebuah studi, sekelompok lansia dengan demensia diminta untuk melakukan meditasi secara rutin, juga dibarengi dengan diet sehat, olahraga, stimulasi mental, dan aktivitas sosialisasi. Hasilnya, partisipan melaporkan adanya peningkatan daya ingat.

Dikutip dari CNBC, meditasi mampu menambah panjang telomerase DNA hingga 43%. Telomerase ini merupakan suatu struktur di DNA manusia yang berperan dalam menentukan usia sel. Semakin panjang telomerase, maka semakin muda usia sel seseorang.

6. Hindari Multi Tugas

Ketika perhatian terbagi atau terpecah, daya ingat jadi terdampak. Dalam sebuah studi disebutkan, jika sering multitugas, ingatan jadi makin dangkal.

7. Asah dengan Senam Otak

Banyak permainan yang dapat digunakan untuk membantu mengasah otak. Menggambar peta adalah salah satunya. Dengan menggambar peta sederhana, sudah sangat efektif untuk melatih otak. Dengan menerapkannya, Anda telah melatih memori dan kemampuan visuospasial.

8. Rajin Membaca

Membaca adalah salah satu cara yang paling umum. Hal ini juga paling ampuh dalam memaksimalkan kinerja otak.

Cobalah untuk membaca berbagai jenis variasi buku. Dengan demikian, otak bisa mengenal berbagai gaya bahasa dan perspektif.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya1 jam ago

Polri Bekerja Sama Paguyuban Trevista Ciputat Berikan Vaksin dan Baksos

SERIKATNEWS.COM – Ratusan warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan mendapatkan vaksin gratis, yang diselenggarakan Akmil 91 Polri bekerja sama...

News1 jam ago

Tak Hanya Pelayanan Kelistrikan, PLN Turut Kembangkan Pertanian

SERIKATNEWS.COM – PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung,...

News2 jam ago

Luncurkan e-Procurement Academy, PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) secara konsisten melanjutkan transformasi sejak gagasan ini dirilis pada April 2020 tahun lalu. Salah satu...

News4 jam ago

PLN Operasikan Tol Listrik Flores Rp1,1 Triliun, Sambungkan Labuan Bajo hingga Maumere

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) mempertegas komitmennya untuk memperkuat keandalan listrik dan meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia Timur. Kali...

Sosial-Budaya5 jam ago

Pelaku Usaha Salurkan 25 Ribu Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

SERIKATNEWS.COM – Pelaku usaha toko ritel modern menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak pandemi COVID-19. Wakil...

Politik8 jam ago

Arah Baru Pembangunan Desa: Terwujudnya Desa Peduli Anak

SERIKATNEWS.COM – Perkembangan anak merupakan ukuran kemajuan sebuah masyarakat yang paling presisi. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

Olahraga1 hari ago

Honda Persiapkan Diri Jadi yang Terbaik di F1 Grand Prix Hungaria

SERIKATNEWS.COM – Tim balap Honda kembali bersiap diri untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria. Ajang ini akan diselenggarakan di...

Populer

%d blogger menyukai ini: