Connect with us

Info Kesehatan

Lima Langkah Menjauhi Risiko Kanker

Published

on

Ilustrasi: Hello Sehat

SERIKATNEWS.COM – Kanker dapat menyerang semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur. Akan tetapi, para dokter mengatakan kanker lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Namun bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakit kanker ini sudah lanjut.

Dikutip dari Detik Health, berikut ini lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari risiko kanker, di antaranya:

Makan sehat

Kunci agar tubuh Anda tetap bugar adalah mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi, MPH, menyarankan agar masyarakat lebih menjaga konsumsi gula, garam, dan lemak pada hidangan makanan.

Olahraga

Olahraga setidaknya 30 menit tiap hari cukup membantu tubuh Anda selalu sehat. Olahraga ini dapat mencegah obesitas yang merupakan awal penyakit hipertensi, jantung, diabetes, serta kanker.

Positive thinking

Berpikir positif menjadi salah satu langkah utama mencegah kanker. Pikiran baik akan mencegah stres atau cemas yang bisa berdampak buruk untuk imunitas tubuh.

Hindari rokok

Ahli kesehatan menyatakan bahwa rokok telah terbukti mengandung berbagai zat racun yang memicu tumbuhnya sel kanker. Tidak merokok atau menghindari asapnya membantu tubuh Anda menghadapi faktor risiko kanker dengan lebih mudah.

Jaga kebersihan

Langkah yang satu ini adalah menjaga pola hidup bersih, seperti rajin cuci tangan. Kebiasaan gampang dan sederhana ini mencegah tubuh Anda mengalami infeksi, memperkuat imun, dan hidup lebih sehat.

Baca Juga:  Bantuan Alat Kesehatan dari China Tiba di Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular