Connect with us

Info Kesehatan

Khasiat Temulawak bagi Kesehatan

Published

on

Ilustrasi: Hello Dokter

SERIKATNEWS.COM – Orang Indonesia tidak asing dengan manfaat temulawak. Bahkan ada yang memang mengonsumsi jamu temulawak secara rutin. Tidak heran, karena temulawak memiliki kandungan kurkumin yang memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain kandungan itu, tanaman rimpang ini juga terbukti memiliki kandungan lain yang sama baiknya, seperti zat tepung dan minyak atsiri, yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta bersifat antiinflamasi.

Minyak atsiri pada temulawak sendiri terdiri atas zat-zat seperti dari d-kamfer, siklo isoren, mirsen, tumerol, xanthorrhizol, zingiberen, dan zingeberol. Temulawak juga mengandung serat kasar, abu, protein, dan mineral meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

Adapun kandungan lainnya adalah antioksidan, seperti flavonoid, fenol dan kurkumin. Antioksidan ini dapat mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Kandungan-kandungan di atas menghasilkan khasiat temulawak bagi kesehatan. Selain bersifat antioksidan, penelitian menyebut temulawak juga memiliki kemampuan melindungi organ hati (hepatoproteksi), antiinflamasi, antikanker, antidiabetes, antimikroba, antihiperlipidemia, antikolera, hingga antibakteri.

Dikutip dari SehatQ, berikut ini beberapa khasiat temulawak bagi kesehatan Anda:

1. Menurunkan kolesterol dalam darah

Hasil penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa temulawak berpotensi menjadi obat antikolesterol. Pasalnya, dengan menkonsumsi temulawak selama 4 minggu berturut-turut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total di dalam darah.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Jamu temulawak banyak dikonsumsi oleh penderita masalah saluran cerna, misalnya irritable bowel syndrome (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas. Khasiat temulawak ini didapat dari sifat antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung.

3. Meringankan gejala osteoarthritis

Khasiat temulawak ini berkaitan dengan kandungan kurkumin yang memberikan efek antiinflamasi pada tubuh. Konsumsi jamu temulawak secara rutin pun dipercaya dapat meringankan gejala osteoarthritis, seperti bengkak maupun nyeri sendi.

Baca Juga:  Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

4. Mencegah obesitas dan diabetes

Sifat antiperadangan pada kurkumin juga dapat mencegah Anda terkena diabetes maupun obesitas. Kurkumin dapat menstabilkan kadar gula dalam darah yang dapat memicu diabetes sekaligus mengatur kadar lemak dalam tubuh yang memicu obesitas.

5. Membantu mempersepat penyembuhan infeksi jamur

Khasiat temulawak lainnya berhubungan dengan sifat antijamur sehingga bisa digunakan berdampingan dengan obat dokter saat Anda menderita infeksi akibat fungi ini. Pasalnya, kandungan kurkumin pada temulawak dapat memecah membran sel pada jamur penyebab infeksi.

6. Menyehatkan hati

Khasiat temulawak juga sebagai penjaga hati agar tidak cepat rusak karena pengaruh radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Lagi-lagi, manfaat ini datang dari kandungan antioksidan berupa kurkumin.

7. Mencegah kanker

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa potensi temulawak sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Namun, khasiat temulawak yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Untuk merasakan manfaat temulawak ini bagi kesehatan, Anda dapat merebus dan meminum air rebusan temulawak tersebut. Atau jika ingin daya simpan yang lebih lama, temulawak dapat dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian digiling dan disimpan dalam bentuk bubuk.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News3 jam ago

Positif Covid-19, Anies Tetap Bekerja Memimpin Rapat Secara Virtual

SERIKATNEWS.COM – Hasil tes usap PCR yang keluar hari ini, Selasa (1/12/2020) menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, positif...

Ekonomi9 jam ago

Raksa Nugraha Bukan Sebatas Pengakuan Pelaku Usaha dalam Melindungi Konsumen

SERIKATNEWS.COM – Penghargaan Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) bukan sebatas pengakuan atas pelaku usaha yang bertanggung jawab melindungi konsumen....

Sosial9 jam ago

Fokus Lindungi Konsumen, Posisi BPKN Makin Kokoh Setelah Gandeng SMSI

SERIKATNEWS.COM – Kehadiran Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN) akan lebih bermanfaat di mata publik. Hal ini terjadi setelah...

Peristiwa19 jam ago

Semeru Level II Waspada, Guguran dan Lava Pijar Terjadi 13 Kali

SERIKATNEWS.COM – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tenggger Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup aktivitas pendakian mulai hari ini, Senin...

Politik20 jam ago

Logo Baru dan Semangat Baru PKS

SERIKATNEWS.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini tampil dengan logo yang berbeda. Tujuannya untuk memikat kelompok milenial dan perempuan....

Opini1 hari ago

Magang, Pengalaman Awal Masuk ke Dunia Kerja

Magang merupakan suatu bentuk pengaplikasian ilmu yang telah mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan kemudian diterapkan di tempat kerja. Selama di...

Pendidikan1 hari ago

Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

SERIKATNEWS.COM – Magang profesi merupakan salah satu mata kuliah wajib di Prodi KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini bertujuan...

Populer

%d blogger menyukai ini: