Connect with us

Ekonomi-Politik

Pantau Penyaluran Dana Desa di Jatim, Mendes Bertolak ke Surabaya

Published

on

Mendes
Foto: Mugi/Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/2/2020). Ia hadir pada Rapat Kerja Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Rapat kerja tersebut dilakukan untuk membahas percepatan penyaluran dana desa. Dana desa yang telah mulai dicairkan sejak Bulan Januari ini disalurkan melalui tiga tahap, yakni tahap I sebesar 40 persen, tahap II sebesar 40 persen, dan tahap III sebesar 20 persen.

Mendes Abdul Halim bertolak dari Jakarta pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB. Ia tiba di Bandara Juanda sekitar pukul 08.30 WIB. Setibanya di Bandara Juanda ia langsung menuju Gedung Negara Grahadi.

Mendes hadir pada kegiatan rapat kerja tersebut pukul 09.00 WIB. Ia menjadi pembicara terkait peran pembinaan dan pengawasan pemerintah pusat dan daerah dalam mempercepat penyaluran dan pengelolaan dana desa.

Kegiatan rapat kerja ini melibatkan bupati/walikota, sekretaris daerah kabupaten, kepala dinas PMD Kabupaten, Kepala BPKAD Kabupaten, kepala bagian hukum kabupaten, dan KPPN. Total peserta yang hadir diperkirakan berjumlah 173 orang.

Untuk diketahui, total jumlah dana desa tahun 2020 sebesar Rp72 Triliun. Tahun ini, pelaksanaan program dana desa wajib dilakukan melalui padat karya tunai. Adapun prioritas penggunaan dana desa adalah untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan pengembangan ekonomi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tanggapi Pernyataan Bambang Widjojanto
Advertisement

Popular