Connect with us

Ekonomi

Gus Menteri Sebut BLT Dana Desa Tak akan Capai 100 Persen

Published

on

© Humas Kemendes PDTT

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmirasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tidak akan mencapai 100 persen.

“Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan, salah satunya karena ada desa yang warganya dinilai tidak layak menerima bantuan itu. Sehingga BLT Dana Desa tidak akan mencapai 100 persen,” kata Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers di Kemendes PDTT Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Gus Menteri, sapaan akrabnya, menjelaskan beberapa alasan penyaluran BLT Dana Desa tidak akan mencapai 100 persen, di antaranya karena ada sekitar 61 desa yang mendata bahwa warganya tidak layak mendapatkan BLT Dana Desa, sehingga mereka tidak mengalokasikan Dana Desa untuk bantuan tersebut.

Beberapa kriteria yang menyebabkan warga tersebut tidak layak mendapat BLT Dana Desa adalah karena kemungkinan semua warga miskin di desa tersebut telah mendapatkan bantuan dari jaring pengaman sosial (JPS) lain.

“Karena tidak ada warga miskin di desa itu, atau juga karena tidak ada yang terkena dampak COVID-19, sehingga mereka dinilai tidak layak mendapatkan BLT Dana Desa. Kita bangga dan bahagia karena itu berarti semua warga di desa itu sejahtera semua,” katanya.

“Jadi ada yang karena budaya. Misalnya di Kabupaten Malang, itu ada desa yang warganya tidak mau Dana Desa digunakan untuk BLT karena warga masyarakat yang kaya itu meng-cover warga masyarakat yang tidak mampu,” tambah Gus Menteri.

Lebih lanjut, Gus Menteri mengatakan bahwa nilai gotong royong yang begitu kuat di desa mendorong warga yang kaya untuk bersama-sama membantu meringankan beban warga miskin yang terdampak COVID-19. “Jadi nilai gotong royongnya sangat luar biasa. Itu ada di Kabupaten Malang,” katanya.

Baca Juga:  Digitalisasi Desa sebagai Transformasi Menuju Indonesia Maju

Dia juga mengatakan bahwa dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia, sebanyak 52 desa di antaranya tercatat diblokir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena masih diharuskan melakukan verifikasi ulang terhadap status desanya sehingga mereka tidak dapat menerima Dana Desa yang menjadi sumber pendanaan untuk BLT Dana Desa.

“Di antaranya di Konawe, karena memang perlu ada verifikasi ulang terhadap status desanya,” katanya.

Sementara itu, di beberapa daerah yang tercatat belum menyalurkan BLT Dana Desa sampai saat ini diakui karena terkendala isu geografis sehingga penyalurannya mengalami keterlambatan.

“Yang belum salur itu ada tiga kabupaten di Papua dan satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu kendalanya karena kendala geografis. Karena ngambil duit untuk dibawa ke desa itu butuh waktu dan biaya yang sangat tinggi,” katanya.

Secara akumulasi, Mendes merinci bahwa dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia, ia menyebutkan ada 57 desa yang kemungkinan tidak menerima Dana Desa karena status desanya perlu diverifikasi ulang dan 61 desa tidak menyalurkan BLT Dana Desa karena warganya dianggap tidak layak, sehingga total desa yang berpotensi menerima BLT Dana Desa adalah sebanyak 74.835 desa.

“Oleh karena itu, penyaluran BLT Dana Desa tidak akan mencapai 100 persen dari total 74.953 desa yang ada di Indonesia, karena ada 118 desa yang tidak potensial menyalurkan BLT Dana Desa, menurut data per 20 Juli 2020,” pungkas Gus Menteri.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News4 jam ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News4 jam ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News12 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News13 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News13 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle16 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News18 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: