Connect with us

Sosok

Pemkab Pandeglang Usulkan Pengangkatan KH Mas Abdurahman sebagai Pahlawan Nasional

Published

on

SERIKATNEWS.COM – Pada Kamis (28/11/2019), Pengurus Besar Mathla’ul Anwar dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, menyelenggarakan Seminar Usulan Pahlawan Nasional K.H. Mas Abdurahman Bin Mas Jamal Al-Janakawi.

Kegiatan seminar ini berlangsung selama 90 menit, keempat narasumber di antaranya Mufthi Ali. Phd. Dr. Huriyudin Humaedi. KH. Irsyad Djuwaeli. Dr. Maddais dan Dr Afni M.HUM. Secara bergantian memaparkan pengalamannya selama dalam proses pengajuan Pahlawan Nasional KH Mas Abdurahman.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PB MA, KH Sadeli Karim LC berharap hasil seminar nantinya dapat direkomendasikan Ibu Bupati ke Gubernur Banten. “Proses ini memang prosedur yang harus kita lakukan, mudah-mudahan usulan kita tentang kepahlawanan nasional KH Mas Abdurrahman dapat terealisasi,” ujarnya.

Selain itu, KH Sadeli Karim LC menyempatkan memberikan informasi di depan warga dan anggota MA yang memenuhi Pendopo Bupati bahwa Bapak H. Dr. Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negri (Mendagri) lusa malam akan memberikan penghargaan Long Live Achievement kepada Mathla’ul Anwar.

“Penghargaan ini sebagai salah satu penguat, award ini adalah bukti bahwa Mathla’ul Anwar sebagai organisasi kemasyarakatan berbakti sepanjang masa kepada Indonesia yang kita cintai,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Aat Surya Syafaat panitia pelaksana mengaku yakin melihat para hadirin adik-adik Universitas Mathla’ul Anwar, Muslim dan Muslimah ke depanya dapat lebih baik. “Kita ingin mengangkat pendiri Mathaul Anwar, sebagai orang terhormat memang layak beliau sebagai Pahlawan Nasional,” tegasnya.

Aat menilai rangkaian seminar ini sangat penting, merujuk Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda, Jasa dan Tanda Kehormatan, dan prasyarat seminar di daerah pengusung merupakan penting.

Untuk diketahui, KH Mas Abdurrahman lahir di Pandeglang, Banten, pada tahun 1875. Pernah mengenyam pendidikan Agama di Mekkah pada tahun 1905, mendirikan Organisasi Mathla’ul Anwar 1916, aktif dalam Pergerakan Nasional mendirikan Serikat Islam (SI) di Menes, dan pernah menjadi Rois Nahdahul Ulama (NU) Cabang Pandeglang.

Advertisement

Popular