Connect with us

Pendidikan

Plt. Dirjen Dikti Tinjau Pelaksanaan UTBK di UGM

Published

on

© UGM

SERIKATNEWS.COM – Plt. Dirjen Dikti Prof Ir Nizam M Sc meninjau pelaksanaan UTBK di Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) dan Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM pada hari Minggu (12/7/2020).

Pada kesempatan itu, Nizam mengatakan bahwa kunjungan ini menjadi penting melihat kondisi pandemi saat ini. Menurutnya, hal terpenting dalam pelaksanaan UTBK kali ini adalah bagaimana para calon mahasiswa merasa aman dalam mengerjakan soal-soal.

“Kami mengupayakan supaya di mana pun peserta UTBK mengerjakan soal, mereka tidak perlu khawatir tertular oleh Covid-19. Untuk itu, kami ingin memastikan bahwa tiap lokasi penyelenggaraan UTBK, termasuk UGM, menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya,” ujar Nizam.

UGM untuk pelaksanaan UTBK ini juga telah menerapkan protokol kesehatan bagi para peserta. Protokol tersebut meliputi sebelum hingga pasca pelaksanaan ujian. UGM juga telah menyiapkan tenaga kesehatan yang berasal dari GMC dan UKESMA, jika sewaktu-waktu diperlukan. Semua ini telah disiapkan di 52 lokasi ujian yang tersebar di berbagai fakultas UGM.

Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan UTBK yang aman dan sehat, Nizam berpesan kepada para peserta UTBK supaya tidak memaksakan diri dalam belajar. Hal itu agar imunitas mereka ketika mengikuti tes dalam keadaan terbaik karena tekanan mental juga termasuk faktor yang melemahkan sistem imun.

“Belajarlah secukupnya saja. Pagi ketika hari tes, bersiaplah lebih awal dan cek semua perlengkapan sebelum berangkat. Lalu, taatilah semua protokol kesehatan yang berlaku. Terakhir, berdoalah, mudah-mudahan dapat berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Prof Ir Nizam dalam kunjungan kali ini didampingi oleh Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno, MAgr, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Dr Widyawan ST MSc PhD, Direktur DSDI UGM serta Direktur Pendidikan dan Pengajaran, Dr Agr Ir Sri Peni Wastutiningsih.

Advertisement

Popular