Connect with us

Pendidikan

Anak Penjual Es Dung-Dung Dapat Beasiswa di UGM

Published

on

Rio Hermawan bersama kedua orang tuanya
Rio Hermawan bersama kedua orang tuanya © UGM

SERIKATNEWS.COM – Anak penjual es dung-dung, Rio Hermawan (17) tak bisa menyembunyikan rasa senangnya ketika mengetahui bahwa dirinya diterima kuliah di UGM dengan jalur beasiswa bidikmisi (sekarang KIP).

Dia diterima kuliah di Departemen Teknik Geologi UGM. Ia tak henti-hentinya bersyukur lantaran mendapat kesempatan untuk mendalami kecintaannya pada ilmu kebumian. Impiannya suatu saat nanti bekerja di perusahaan migas setidaknya terbuka lebar.

“Senang pastinya karena UGM itu kampus impian banyak siswa,” kata Rio seperti dilansir dari laman resmi UGM, Selasa (11/8/2020).

Rio adalah anak ke 2 dari 3 bersaudara dari pasangan Encep Cepi dan Masikah yang menetap di Abepura, Papua. Meskipun menetap di Papua, keluarga ini berasal dari Jawa. Encep sendiri berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Sementara sang istrinya berasal dari Demak, Jawa Tengah. Keluarga ini merantau ke Papua sejak tahun 2005, setelah sekian puluh tahun sebelumnya jadi penjual sayur di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta.

Di Abepura, Encep (47) berjualan es dung-dung. Setiap hari, Encep jalan kaki puluhan kilometer mendorong gerobaknya, menyusuri gang-gang di sekitar pinggiran kota Abepura. Dari berjualan es puter itulah, Encep bisa membawa uang pulang sekitar Rp200-300 ribu.

“Bila dipotong dari modal, penghasilan bersih sekitar Rp120.000-150.000. Itu pun jika hari tidak hujan, kalau hujan saya tidak jualan,” katanya.

Encep mengatakan bahwa dirinya berjualan dari pukul 10 pagi dan pulang ke rumah sekitar pukul 16.00 sore. Dia mengaku sengaja jualan dengan berjalan kaki, sebab jika menggunakan motor maka akan sulit mendapat pembeli. Untuk satu es dung-dung dijual dengan harga Rp2.000 rupiah.

Dari berjualan es dung-dung itulah dia mengaku dung bisa menghidupi keluarga besarnya. Namun, saat mendengar anak kedua diterima kuliah di UGM dengan jalur beasiswa, Encep merasa senang karena tidak harus banyak mengeluarkan biaya kuliah.

Baca Juga:  Bimbingan Test : Upaya Mendalami Materi Test Masuk Kuliah

“Buat saya pribadi sangat senang dan bangga, apa yang diinginkannya tercapai sudah,” katanya.

Diketahui bahwa Rio lulusan SMAN 4 Jayapura. Selama di bangku sekolah, dia sering masuk peringkat 10 besar di kelas. Kecintaannya pada ilmu bumi mengantarkan Rio mengikuti berbagai perlombaan. Salah satunya pernah mendapat juara dua olimpiade sains nasional tingkat kabupaten.

“Sempat lolos tingkat provinsi tapi tidak lolos ke nasional,” katanya.

Rio mengaku suka membaca buku. Namun begitu, dia memilih meminjam buku dari kakak kelas yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk jam belajar, Rio mengaku memilih setelah waktu setengah jam pada malam hari dan dilanjutkan setengah jam lagi sebelum berangkat ke sekolah.

“Pokoknya cukup 30 menit saja,” katanya.

Rio mengatakan, diterima kuliah di UGM semakin berambisi untuk belajar sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan kedua orang tuanya. Apalagi, dai sudah diajarkan mandiri sejak kecil. Bahkan, setiap hari ia terbiasa membantu ibunya membuat bahan es dung-dung.

“Dari kecil sudah diajari untuk mandiri,” pungkas Rio.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Opini7 jam ago

Tidak Ada Tempat Bagi Terorisme

“Masih ada alternatif lain dalam memberangus paham dan aksi terorisme.” Masih segar ingatan kita, atas kejadian menara kembar World Trade...

Sosial9 jam ago

Penambahan Kasus Covid-19 di DIY: Sleman Masih Pegang Rekor Kasus Baru

SERIKATNEWS.COM – Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY masih belum menunjukkan tren yang turun. Pada Kamis (17/9/2020) dikonfirmasi ada...

Peristiwa10 jam ago

5 Mayat Disimpan dalam Freezer Kapal Nelayan

SERIKATNEWS.COM – Kapolres Kepulauan Seribu menemukan lima mayat yang disimpan dalam freezer sebuah kapal ikan KM Starindo Jaya Maju IV....

Olahraga14 jam ago

Juventus Resmi Putus Kontrak Higuain

SERIKATNEWS.COM – Juventus resmi melepas salah satu penyerangnya, Gonzalo Higuain. Hal itu diumumkan setelah kedua belah pihak sepakat mengakhiri kontrak...

Peristiwa22 jam ago

Aksi Mahasiswa di Kantor Pemkab Bogor Berujung Ricuh

SERIKATNEWS.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar demonstrasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten Bogor, pada...

Ekonomi1 hari ago

Fakta-fakta Pinjaman Online yang Menguntungkan

SERIKATNEWS.COM – Adanya berbagai situs dan aplikasi pinjaman online tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat. Meski ada di antara mereka yang...

Politik1 hari ago

Pilkada Sebagai Momentum Partai Gelora Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

SERIKATNEWS.COM – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menggelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pilkada Serentak 2020 secara virtual untuk memantapkan kesiapan...

Populer