Connect with us

Ekonomi

Prospek Buah Naga Kuning di Indonesia Kian Menjanjikan

Published

on

Buah Naga Kuning © Monitor

SERIKATNEWS.COM – Buah naga pada umumnya memiliki kulit berwarna merah. Namun, ternyata di Indonesia sudah ada buah naga yang berkulit kuning—meskipun tidak banyak.

Prospek bisnis buah naga kuning sendiri cukup menjanjikan, karena keberadaannya yang masih langka. Harganya pun masih sangat mahal, antara Rp100.000 – Rp225.000 per kilogramnya.

Salah satu petani yang membudidayakan buah naga kuning adalah Asroful Uswatun. Perempuan asal Jember tersebut sudah lumayan lama menggeluti budidaya buah ini.

Dilansir dari Monitor, Selasa (23/6/2020), Asroful Uswatun mengatakan bahwa rasa yang lebih manis dan kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan buah naga berkulit merah pada umumnya menjadikan buah naga kuning memiliki keunikan tersendiri.

“Buah naga kuning juga dipercaya mempunyai kandungan antioksidan dan karoten yang tinggi. Sehingga tidak heran kalau buah naga kuning banyak diminati terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini,” ungkap Asroful Uswatun.

Di masa-masa sulit karena pandemi ini, Uswatun sangat bersyukur karena permintaan buah naga terutama buah naga kuning tidak mengalami penurunan.

Dia juga menuturkan, budidaya buah naga kuning memang perlu perhatian lebih, tetapi sebanding dengan keuntungan yang diraup. Menurutnya, di pasar modern, buah naga kuning dengan Grade A dihargai Rp225.000 – Rp250.000 per kilonya yang berisi kurang lebih 4 buah saja.

“Sedangkan untuk Grade B dan C biasanya dijual secara online dengan kisaran harga jual antara Rp100.000–Rp175.000 per kilonya. Padahal untuk buah naga merah harganya hanya berkisar antara Rp20.000 – Rp40.000 per kilogram,” tambah Uswatun.

“Selain menjual buah naga kuning, Kami juga berusaha memenuhi permintaan benihnya. Cukup kewalahan memenuhi permintaan pasar karena kami hanya dapat menyediakan 5.000 benih per bulan. Padahal permintaan dari berbagai daerah seperti Bandung, Bogor, Medan, Batam, Pontianak, Makassar dan Jayapura mencapai sekitar 50.000 benih per bulan,” jelasnya lagi.

Baca Juga:  Jatim Diprediksi Surplus Beras 1,9 Juta Ton pada Semester I 2020

Uswatun menambahkan, buah naga kuning lebih cocok ditanam pada dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 – 1.500 mdpl. Untuk Kabupaten Jember, buah naga kuning banyak dibudidayakan di daerah Batu.

“Dari segi budidaya, buah naga kuning mempunyai masa panen yang lebih singkat daripada buah naga jenis lain, dari masa berbunga sampai berbuah. Tetapi dari segi perawatannya, lanjut Uswatun, buah naga kuning yang memiliki batang yang kecil ini lebih sensitif sehingga membutuhkan perawatan yang sangat intensif,” katanya.

Di tengah masa pandemi ini, Uswatun berharap agar situasi yang tidak kondusif bisa cepat berlalu. Meskipun, situasi sekarang ini dirasakannya cukup berat, tapi Uswatun mengaku selalu optimis bahwa usaha di bidang buah-buahan akan bisa terus berkembang.

“Baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri maupun untuk ekspor,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Uswatun yang merupakan pemilik Mitra Tani Unggul juga melakukan kemitraan dengan petani di sekitar wilayahnya. Bahkan petani dari luar Kabupaten Jember seperti Bali.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Pendidikan1 jam ago

Forum Mahasiswa Ushuluddin se-Indonesia Gelar Konsolnas di Jogja

SERIKATNEWS.COM – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (DEMA-FUPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam rangkaian...

Hukum1 jam ago

Kabid Humas Polda Metro Jaya Berharap HRS Taat Hukum

SERIKATNEWS.COM – Kepolisian tengah mengagendakan kembali pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab, karena beberapa waktu lalu HRS tidak memenuhi panggilan penyidik....

Olahraga5 jam ago

Markas Napoli Resmi Bernama Stadion Diego Armando Maradona

SERIKATNEWS.COM – Napoli resmi mengganti nama markasnya menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Perubahan nama stadion ini telah disetujui oleh pemerintah...

Peristiwa6 jam ago

Gempa M 4,3 Guncang Seluma

SERIKATNEWS.COM – Terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,3 di Seluma, Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Akun...

Pariwisata6 jam ago

Diving di Laut Raja Ampat, Wamendes PDTT: Potensi Alam Raja Ampat Sangat Luar Biasa

SERIKATNEWS.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi melakukan kunjungan kerja ke kampung...

Hukum15 jam ago

Ubah Lafadz Adzan jadi Seruan Jihad, Pria di Cibadak Diamankan Polisi

SERIKATNEWS.COM – Seorang pria berinisial SY (22) ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengubah lafadz azan. SY (22) diamankan di Jalan...

Hukum17 jam ago

Iyut Bing Slamet Positif Sabu

SERIKATNEWS.COM – Iyut Bing Slamet harus kembali berurusan dengan polisi. Dia ditangkap Satuan Resersse Narkoba Polres Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020)...

Populer

%d blogger menyukai ini: