Connect with us

News

Strategi PUPR Tangkal Banjir di Jakarta

Published

on

Banjir
Foto: Detik News

SERIKATNEWS.COM – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan rencananya untuk membentengi Jakarta dari kepungan banjir, khususnya di kawasan yang dekat laut. Basuki mengatakan Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta akan membuat pompa di Kali Sentiong dan Ancol untuk menangkal banjir.

“Kami sudah kerjakan di kali Sentiong udah tender mau pasang pompa di hilirnya. Lalu pompa Ancol kan ada Kali Item masuk Ancol,” kata Basuki di Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

Basuki mengatakan, khusus untuk di Ancol yang terhubung dengan Kali Item tidak hanya cuma akan dibuatkan pompa, namun akan memasang pintu air sehingga apabila air laut pasang tidak meluap ke Kali Item.

“Ancol kan sebelah sininya pompa, ke sini selama ini enggak ada pintu air, kalau air pasang masuk Kali Item banjir. Ini kita buat pintu air terus tambah pompa. Ini lagi ditender sekarang,” jelas Menteri Basuki.

Menurutnya, akan ada sebanyak 100 pompa yang akan dipasang di Jakarta. Masing-masing pompa tersebut bisa menarik air sebesar 5 meter kubik per detik. Pompa ini akan dipasang di beberapa aliran sungai yang bermuara ke laut.

“Fisiknya kita ada 100 pompa, semua pompa besar 5 meter kubik per detik kayak di Pluit di Ancol di Melati semua itu dipasang sesuai masterplan dulu. Nah nanti dikomando sama Dinas SDA Provinsi,” jelasnya.

Basuki mengatakan bahwa urusan banjir di Jakarta merupakan tanggung jawab semua pihak. Terlebih lagi Jakarta merupakan ibu kota negara, jadi menurutnya semua pekerjaan harus dikerjakan bersama-sama.

“Ini ibu kota negara, semua bertanggung jawab. Mau PU, mau DKI, mau TNI, kalau ada apa-apa pasti dikerjakan bareng asal tidak double,” tutup Basuki.

Advertisement

Popular