Connect with us

Lifestyle

4 Gerbang Ikonik Disiapkan dalam Pengembangan Borobudur

Published

on

Ilustrasi: Instagram/Borobudur Park

SERIKATNEWS.COM – Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, aka dibangun gerbang utama baru.

Pemerintah akan membangun gerbang baru bukan bertujuan hanya untuk mempercantik, tapi juga memberi dampak bagi perekonomian masyarakat.

Kepala Satuan Kerja Wilayah Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng Kementerian PUPR, Singgih Dwiatma Raharja memaparkan bahwa ada empat titik akses menuju Borobudur yang akan dibangun gerbang.

Empat titik itu di antaranya dari arah Semarang di Pertigaan Blondo (Kecamatan Mungkid), dari arah Yoyakarta di Palbapang (Kecamatan Mungkid), di Desa Kembanglimus (Kecamatan Borobudur), dan dari arah Kulonprogo di Klangon.

“Setiap pintu gerbang akan dihiasi dengan ikon yang menjadi ciri Candi Borobudur,” kata Singgih, dikutip dari Kompas, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, maksud ikon tersebut berupa patung pohon Kalpataru di Blondo, singa di Palbapang, gajah di Gerbang Kembanglimus dan perahu Samudera Raksa di Klangon.

“Rencananya, ikon berupa patung tiga dimensi dengan bentuk yang persis dengan skala tertentu. Ikon dibangun dengan materi dari logam sehingga tahan cuaca, kuat dan ringan,” katanya.

Lebih lanjut, Singgih menuturkan bahwa gerbang yang paling besar adalah gerbang Gajah di Kembanglimus, dengan luas dua hektar. “Gerbang ini sekaligus menghidupkan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) yang ada desa tersebut,” imbuhnya.

Gerbang Kalpataru di Blondo dengan akan memiliki luas 1.300 meter persegi. Sedangkan gerbang Singa di Palbapang dengan luas 5.000 meter persegi.

“Pemilihan ikon tersebut bukan tanpa alasan kerena terukir di relief Candi Borobudur. Selama ini orang kurang begitu tahu Borobudur itu sebelah mana, masuknya sebelah mana, sehinggga kita sudah identifikasi pada titik-titik strategis untuk pembangunan gerbang yang sesuai identitas Borobudur,” imbuhnya.

Baca Juga:  TSI Bogor Siap Kembali Beroperasi

Di gerbang tersebut, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas dan sarana pendukung yang lengkap bagi wisatawan seperti toilet, pusat suvenir, kuliner dan sarana pendukung lain.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk infrastruktur empat gerbang, akses budaya, concourse mencapai Rp118 miliar,” jelasnya lagi.

Dengan anggaran tersebut, pihaknya berharap gerbang itu menjadi identitas yang akan membangkitkan Candi Borobudur menjadi daerah yang hidup, bukan sekadar bangunan monumental, namun memberi dampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Lifestyle4 jam ago

Marandang, Tradisi Sambut Ramadan di Ranah Minang

SERIKATNEWS.COM – Marandang merupakan salah satu tradisi yang ada di Ranah Minang dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Alah masak Randang?”...

Lifestyle13 jam ago

Menjaga Alam dengan Sodasan, Pembersih yang Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – Di masa pandemi ini, kita harus lebih sering mencuci tangan. Tentunya selain menyebabkan tangan menjadi kering, limbah sabun...

Hukum13 jam ago

Rumah Bos PT Purnama Karya Digeledah KPK terkait Kasus Nurdin Abdullah

SERIKATNEWS.COM – Sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur yang melibatkan Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan...

News20 jam ago

Wi-fi Gratis Tersedia di 14 Objek Wisata Bangka Belitung

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memasang layanan wi-fi gratis di 14 titik objek wisata. Tujuan utamanya...

News20 jam ago

Menko Polhukam Tekankan Kepala Daerah Hindari Perilaku Koruptif

SERIKATNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengimbau kepada kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 untuk menghindari perilaku...

Ekonomi20 jam ago

Menteri Trenggono Lepas Ekspor Produk Perikanan ke-40 Negara

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas ekspor produk perikanan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini sebagai penanda...

News20 jam ago

Colong Start Mudik Tak Dilarang, Kemenhub Perketat Pengawasan

SERIKATNEWS.COM – Berhubung adanya larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021, tak menutup kemungkinan masyarakat akan colong start mudik....

Populer

%d blogger menyukai ini: