Connect with us

Lifestyle

4 Kesalahan Minum Kopi yang Harus Dihindari

Published

on

Ilustrasi secangkir kopi (Foto: Pexels)

SERIKATNEWS.COM – Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer. Kini, kopi menjadi minuman favorit banyak orang.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat kopi baik untuk menjaga kulit sehat, diet, dan sebagainya. Namun, mengonsumsi kopi yang kurang benar justru bisa merugikan kesehatan. Bahkan, bisa menimbulkan kerusakan otak.

Dikutip dari CNBC, berikut beberapa kesalahan minum kopi yang yang harus dihindari:

1. Minum berlebihan

Minum kopi sebaiknya dalam asupan moderat. Yakni, satu atau dua cangkir sehari. Dengan begini akan melindungi otak. Namun, jika berlebihan justru bakal membawa dampak sebaliknya.

Dalam studi yang diterbitkan di Nutritional Neuroscience, disebutkan bahwa minum kopi lebih dari 6 cangkir per hari berasosiasi dengan volume total otak lebih kecil dan peningkatan risiko demensia sebesar 53%.

Sementara itu, saran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk orang dewasa cukup mengonsumsi 400 miligram kafein atau setara dengan empat cangkir kopi seduhan sendiri.

2. Minum kopi larut malam

Sebagian orang minum kopi saat memerlukan dorongan energi di pertengahan atau sore hari. Mesti diperhatikan jam minum kopi. Sebab, minum kopi terlalu larut atau berdekatan dengan jam tidur justru bisa merusak waktu istirahat.

Kafein bertindak sebagai stimulan dan tetap berada pada aliran darah beberapa jam setelah dikonsumsi. Dikatakan oleh Direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego, Nina Riggins bahwa kafein bertahan di aliran darah sampai 5 jam. Menurutnya, untuk benar-benar ‘bersih’ bisa memerlukan waktu 10 jam.

Saat kafein mempengaruhi tidur, maka tidur jadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan tidak baik untuk kesehatan otak. Sehingga, keesokan harinya pun bakal susah konsentrasi, belajar, dan kewaspadaan menurun.

Baca Juga:  Masih Sayang Suami, Selebgram Rachel Vennya Resmi Menggugat Niko Al-Hakim

3. Berhenti minum kopi tidak bertahap

Jika ingin berhenti minum kopi, sebaiknya lakukan secara bertahap. Perlu menjadi perhatian, berhenti minum kopi bukan langsung menjauhkan diri dari kopi. Jika langsung berhenti minum kopi secara tiba-tiba, seseorang bisa mengalami gejala-gejala yang mengganggu otak.

“Sekali kafein dikeluarkan dari sistem, seseorang akan mengalami sakit kepala akibat penarikan kafein,” sebut Riggins, seperti dikutip dari Livestrong.

4. Pakai gula tambahan berlebih

Minum kopi dengan rasa super manis tidak baik buat otak. Pada 2019, terdapat studi yang menyebutkan kelebihan konsumsi gula pada orang dewasa berasosiasi dengan penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kelebihan konsumsi gula akan memengaruhi fungsi konektivitas dan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Oleh karena itulah, sebaiknya batasi gula tambahan pada kopi. (im)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News30 menit ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News46 menit ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News9 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News10 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News10 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle13 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News15 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: