Connect with us

Info Kesehatan

Empat Manfaat Konsumsi Daun Jambu Biji

Published

on

Ilustrasi: Net

SERIKATNEWS.COM – Buah jambu biji banyak mengandung manfaat kesehatan. Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun jambu biji memiliki khasiat obat dan menawarkan beragam manfaat kesehatan. Daun jambu biji mengandung antioksidan, antibakteri, dan anti inflamasi. Daun jambu biji juga mengandung tanin yang berfungsi meredakan nyeri secara alami.

Ketika diseduh untuk membuat teh, daun jambu biji akan melepaskan vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting untuk menjaga kesehatan.

Daun jambu biji mengandung beragam senyawa antara lain polifenol, flavonoid, karotenoid, dan tanin yang secara efektif dapat mengobati berbagai penyakit.

Dikutip dari Kontan.id, berikut 4 manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh:

1. Obat Diare

Manfaat daun biji untuk mengobati diare, sepertinya sudah tak menjadi rahasia lagi. Sejak dulu, daun jambu biji selain mengobati seseorang yang menderita DBD, juga bisa mengobati diare. Meminum teh daun jambu biji dapat membantu melonggarkan usus untuk mengobati diare.

Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti berusaha untuk menguji sifat anti-diare daun jambu biji. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ekstrak tersebut dapat menunda timbulnya diare yang disebabkan oleh minyak jarak. Selain itu juga mengurangi frekuensi buang air besar, dan mengurangi keparahan diare.

2. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Menurut penelitian yang dilakukan Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glukosidease.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes tipe 2.

Baca Juga:  5 Manfaat Mengonsumsi Pare

Revathi Sundaramurthy, seorang dokter untuk iCliniq.com, mendukung penggunaan jambu biji untuk penderita diabetes. “Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah, bahkan pasien diabetes dapat mengkonsumsi jambu biji, yang mencegah fluktuasi kadar insulin dan glukosa,” katanya.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kadar lemak jenuh tinggi.

Menurut United States Departement of Agriculture (USDA), mengkonsumsi daun jambu biji memiliki manfaat yang sama dengan buahnya, yaitu memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol.

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh nutrition and metabolism juga menjelaskan jika ekstrak pucuk daun jambu dapat menurunkan kolesterol.

4. Kanker Lambung

Ekstrak daun jambu biji memiliki sifat anti kanker sangat kuat sehingga memiliki potensi untuk mengobati pasien kanker lambung.

Sifat anti kanker dan antitumoralnya berasal dari senyawa seperti likopen, kuersetin, dan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Advertisement

Popular