Connect with us

Hukum

Ferdian Paleka dan Kemanusiaan yang Hilang

Published

on

Ferdian Paleka © Republika

SERIKATNEWS.COM – Beberapa waktu lalu tepatnya pada Jumat (8/5/2020) dini hari, polisi akhirnya berhasil menangkap YouTuber Ferdian Paleka (21) dan temannya, Aidil (21) setelah mereka sempat menjadi buron selama beberapa hari karena aksi prank yang dinilai menghina orang lain.

Ia bersama rekannya (Aidil) memberikan bingkisan kepada Sani (salah seorang waria/transgender), namun ternyata bingkisan tersebut berisi sampah dan batu. Karena merasa dihina, Sani melaporkan perbuatan itu kepada Mapolrestabes Bandung hingga akhirnya Ferdian ditahan.

Setelah ditahan selama beberapa minggu, hari ini (4/6/2020) akhirnya Ferdian dibebaskan oleh polisi lantaran kasusnya tidak bisa dilanjutkan untuk diproses secara hukum, sebab Sani (pelapor) telah mencabut tuntutannya.

Seperti biasanya, kepada awak media, ia mengucapkan permohonan maaf dan berjanji akan memberikan konten-konten positif ke depannya. Hal yang wajar dilakukan oleh beberapa orang yang biasa keluar dan masuk penjara.

Perlu diketahui, Ferdian bukanlah orang pertama yang melakukan prank, banyak Youtuber yang doyan mengisi konten Youtube dengan prank, padahal pada dasarnya prank merupakan perbuatan yang menunjukkan hilangnya nilai kemanusiaan.

Kepada kasus yang dilakukan Ferdian, beberapa artis juga ikut memberikan komentar, bahkan sebagian ada yang tidak setuju jika tersangka harus diberikan hukuman berupa tahanan penjara. Dikutip dari TribunStyle.com, salah satu di antaranya adalah Nikita Mirzani yang berasumsi bahwa hukuman penjara tidak pantas untuknya.

“Ferdian Paleka udah ketangkep kan, nah sebenarnya dia udah kena hukuman yang sangat amat berat, yaitu hukuman sosial dari masyarakat, Sebenarnya nggak harus dipenjara juga. Pak polisi tinggal kasih sanksi aja buat Ferdian, supaya tidak melakukan hal yang sama lagi,” katanya.

Terpisah, Sarach Sehan justru mengecam bahwa perbuatan yang dilakukan Ferdian adalah sebuah interpretasi terhadap dirinya sendiri.

Baca Juga:  Polda Sumut Tangkap 23 Terduga Teroris Terkait Bom Medan

You are what you give. When you give trash to others, that’s  exactly what you are, (kamu adalah apa yang kamu berikan. Ketika kamu memberikan sampah kepada orang lain, itulah dirimu),” demikian tulisnya dalam unggahan instastorynya.

Namun berbeda dengan Nikita, Sarah justru memberikan apresiasi kepada polisi yang telah berhasil menangkap Ferdian.

Advertisement

Popular