Connect with us

Sosial Budaya

Kemendes Menyematkan Desa Sedyo Mulyo sebagai Desa Surga

Published

on

Menteri Desa, PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi istri Lilik Umi Nasriyah berkunjung ke Pendopo Kabutenan, disambut oleh Forkopimda Kabupaten sebelum melanjutkan perjalanan menuju Desa Sedyo Mulyo, Sabtu (18/1/2020). (Foto: Reza Dewantara S/Kemendes PDTT)

SERIKATNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menemukan salah satu desa yang layak disebut desa surga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Temuan tersebut disampaikan Menteri Abdul Halim Iskandar yang didampingi istri Lilik Umi Nasriyah saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten OKI pada Sabtu (18/1/2020).

“Dari perjalanan saya, sejak saya mencetuskan desa surga, saya mulai menemukan salah satu desa surga ada di Ogan Komering Ilir yakni di Desa Sedyo Mulyo, Kecamatan Mesuji Raya,” katanya.

Menteri Abdul Halim menjelaskan bahwa kriteria desa surga yang dinilainya adalah desa yang telah mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, desa surga juga memberikan kenyamanan, kesejukan, keamanan dan ketenteraman, sehingga masyarakat betah untuk tetap tinggal di desa.

Namun demikian, Abdul Halim mengingatkan terkait tantangan desa surga. Ia berpesan untuk terus meningkatkan daya tahan warga masyarakat, daya tahan terhadap berbagai godaan. Godaan yang paling berat yang dihadapi saat ini adalah godaan narkoba dan terorisme.

“Ini yang harus di antisipasi betul, karena dua hal yang menjadi godaan paling berat ini (narkoba dan terorisme) tidak terima kalau ada masyarakat tenang dan tenteram. Dua hal ini senantiasa berupaya untuk merusak tatanan kehidupan masyarakat yang sudah baik.” katanya.

Oleh karena itu, Abdul Halim sangat berharap kemampuan dan peningkatan daya tahan terhadap dua hal tersebut yang perlu terus ditingkatkan sampai kapan pun.

“Karena dua hal tersebut, tidak pernah tidur dan terus mengintai bagi warga masyarakat yang tatanannya sudah baik dan sejahtera. Dua hal tersebut terus mengintai untuk merusak tatanan yang sudah bagus. Dua hal tersebut harus betul-betul diantisipasi,” katanya.

Baca Juga:  Pemerintah Utamakan Keamanan Negara dan Masyarakat

Dalam kunjungannya ke Desa Sedyo Mulyo, Menteri Abdul Halim melakukan dialog dengan masyarakat. Selain itu juga meninjau balai desa serta infrastruktur lainnya yang ada di desa Sedyo Mulyo.

Bahkan, Menteri Abdul Halim kagum dengan Koperasi desa yang mampu menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun desa. Apalagi, koperasinya dinilai lengkap dan memiliki produk yang lengkap sehingga ekonomi di Desa Sedyo Mulyo terus bergerak.

Dalam kunjungan kerja ke OKI pada Sabtu (18/1/2020), Abdul Halim menyempatkan memenuhi undangan untuk menghadiri Konferensi Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan yang ke-22 di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah, Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir.

Selanjutnya, pada Minggu (19/1) Menteri Abdul Halim sebelum bertolak ke Jakarta juga akan melakukan peninjauan lainnya ke sejumlah lokasi di Sumatera Selatan. (Rifqi/Kemendes PDTT)

Advertisement

Popular