Connect with us

Ekonomi-Politik

Menghadapi Pilkada 2020, Dewan Pers Minta Media Tetap Independen

Published

on

Dewan Pers
Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh (Foto: Berita Satu)

SERIKATNEWS.COM – Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh meminta seluruh media atau pers bersikap dan bertindak independen dalam Pilkada Serentak 2020. Pasalnya, media mempunyai peran besar untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

“Media harus independen. Media jangan sampai menempel pada kelompok tertentu,” kata Mohammad Nuh saat menyampaikan sambutannya di acara Seminar Hari Pers Nasional dengan tema “Media Berkualitas untuk Pilkada Damai” di Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin, Jumat (7/2/2020).

Dia menekankan bahwa media tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon di Pilkada. Namun media harus memberitakan semua visi, misi dan program dari setiap paslon kepada masyarakat.

“Jika menempel salah satu kelompok, maka beritanya tidak berimbang. Apalagi kalau mendiskreditkan kelompok lain. Yang rugi pada akhirnya masyarakat karena tidak bisa mendapatkan calon terbaik lantaran informasi tidak berimbang,” katanya.

Menurut Nuh, Pilkada pada intinya diselenggarakan untuk mencari pemimpin yang terbaik di suatu daerah. Untuk itu, media memiliki peran yang signifikan untuk mendapat pemimpin yang terbaik.

“Untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik, masyarakat harus memiliki informasi yang benar dan akurat dan di situlah media mempunyai peran penting untuk memberitakan sesuatu yang benar, sesuai data dan bukan hoax,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sukamto Soroti ASN yang Terpapar Radikalisme
Advertisement

Popular