Connect with us

Potret

Merawat Harapan Dengan Kebaikan

Published

on

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun 2021 yang penuh berkah ini, kita masih berada di dalam balutan pandemi Covid-19. Krisis kesehatan dan pangan pun masih tak kunjung mereda.

Beranjak dari permasalahan ini, pada Minggu 25 April 2021, Do Good Good Thing (IG:dogood.yuk) membagikan produk pangan di daerah Tangerang Selatan. Do Good Good Things adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.

Organisasi ini berdiri pada tahun 2018 yang beranggotakan Alumni MTS Pembangunan UIN Ciputat angkatan 2013. Sejak saat itu, Do Good Good Thing telah melaksanakan kegiatan yang sama setiap bulan Ramadhan, dengan nama Food Ranger.

Kebaikan Kolaboratif

Kegiatan Food Ranger kali ini bekerja sama dengan KAPASIndonesia (FB PAGE: @kapasindo) yang menjalankan program pangan #Nasi3Lauk.  Program pangan ini merupakan adaptasi dari program #3Lauk10Ribu yang sudah menyebarkan produk pangan hingga ribuan paket sejak tahun 2017.

Program pangan #Nasi3Lauk berfokus pada pengelolaan untuk membuat paket makanan yang terdiri dari nasi dan 3 buah lauk pauk. Dana untuk 1 paket nasi adalah Rp.10.000, yang juga termasuk pemberian upah bagi pemasak.

KAPASIndonesia merekrut pemasak yang dalam kondisi kesulitan tertentu, seperti istri yang suaminya menjadi korban PHK di masa pandemi, korban KDRT atau penyintas kanker.

Ketua Umum Do Good Good Thing, Gusti Anindya mengatakan “Food Ranger kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.”

“Biasanya, kami hanya membantu yang membutuhkan makanan saja. Namun kali ini, kami juga membantu para pemasak,” imbuhnya.

Pada Ramadhan ini, kegiatan Food Ranger sudah dilakukan sebanyak 2 batch, yaitu pada tanggal 18 April 2021 dan 25 April 2021. Do Good Good Thing tidak hanya bekerja sama dengan KAPAS Indonesia, namun juga berkolaborasi dengan relawan dan komunitas kemanusiaan.

Baca Juga:  Peluncuran Buku Di Indonesia Yang Sudah Terlambat 400 Tahun

Salah satu komunitas, Ketimbang Ngemis Tangerang (KNT) berperan dalam pendistribusian makanan di beberapa daerah di kota Tangerang Selatan. Wilayah pendistribusian mencakup daerah Ciputat, Bintaro, BSD, Pamulang, Pondok Cabe, Pondok Ranji, Serua, Jombang dan Cirendeu.

Kebaikan Berkelanjutan

Do Good Good Thing tidak hanya melaksanakan program kegiatan Food Rangers saja, namun juga melakukan kegiatan yang bernama “tebar senyum.” Kegiatan ini akan berlangsung di taman bacaan masyarakat di kolong fly over Ciputat.

Kepala bagian Humas Do Good Good Thing, Sony Aldianto menyebutkan, “Kami menyadari tindakan kemanusiaan bukan hanya membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan saja, dan kami menyadari ada banyak hal yang dapat kami lakukan. Oleh karenanya, kami mencoba untuk menambah program-program bermanfaat agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan keuntungan dari kegiatan kami.” ujarnya.

Ia juga berharap agar program kegiatan ini mampu memberikan dampak positif kepada mereka yang membutuhkan dan juga mampu meningkatkan rasa kemanusiaan, khususnya bagi generasi pemuda di kota tangerang selatan. (red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya19 menit ago

Tata Cara Menggelar Salat Idulfitri 1442 H Saat Pandemi

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Idulfitri 1442 H/2021. Panduan salat id di saat pandemi Covid-19...

News9 jam ago

Jumlah Covid-19 Tembus 1,7 Juta, Gus AMI Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi

SERIKATNEWS.COM – Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan data terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan, hingga Jumat 07...

News10 jam ago

Untuk Perawatan, Pasar Tanah Abang Ditutup Mulai 12 Mei

SERIKATNEWS.COM – Pasar Tanah Abang akan ditutup mulai 12 Mei 2021 hingga Selasa 18 Mei 2021. Pasar tekstil terbesar di...

Opini11 jam ago

Ramadan, Maafkan Kami yang Lemah Ini

TIDAK terasa ramadan akan berakhir. Bulan yang segala lipat ganda pahala dan keberkahan serta napak tilas turunnya al-Qur’an (nuzulul qur’an)...

News12 jam ago

22 Ribu Kendaraan Diputarbalik

SERIKATNEWS.COM – Selama dua hari penyekatan, 6-17 Mei 2021, pada masa pelarangan mudik di wilayah Provinsi Jawa Barat, petugas gabungan...

Ekonomi20 jam ago

Kurangi Impor, Pemerintah Genjot Pengembangan Pabrik Garam Industri

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Marves) terus mendorong pengembangan pabrik percontohan garam industri di Gresik, Jawa Timur....

Politik1 hari ago

Selesaikan Konflik Papua Secara Holistik dan Kolaboratif

SERIKATNEWS.COM – Konflik yang terjadi di Papua harus diurai akar persoalannya. Kemudian diambil langkah-langkah penyelesaikan secara kolaboratif dan holistik. Hal...

Populer

%d blogger menyukai ini: