Connect with us

Potret

Merawat Harapan Dengan Kebaikan

Published

on

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun 2021 yang penuh berkah ini, kita masih berada di dalam balutan pandemi Covid-19. Krisis kesehatan dan pangan pun masih tak kunjung mereda.

Beranjak dari permasalahan ini, pada Minggu 25 April 2021, Do Good Good Thing (IG:dogood.yuk) membagikan produk pangan di daerah Tangerang Selatan. Do Good Good Things adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.

Organisasi ini berdiri pada tahun 2018 yang beranggotakan Alumni MTS Pembangunan UIN Ciputat angkatan 2013. Sejak saat itu, Do Good Good Thing telah melaksanakan kegiatan yang sama setiap bulan Ramadhan, dengan nama Food Ranger.

Kebaikan Kolaboratif

Kegiatan Food Ranger kali ini bekerja sama dengan KAPASIndonesia (FB PAGE: @kapasindo) yang menjalankan program pangan #Nasi3Lauk.  Program pangan ini merupakan adaptasi dari program #3Lauk10Ribu yang sudah menyebarkan produk pangan hingga ribuan paket sejak tahun 2017.

Program pangan #Nasi3Lauk berfokus pada pengelolaan untuk membuat paket makanan yang terdiri dari nasi dan 3 buah lauk pauk. Dana untuk 1 paket nasi adalah Rp.10.000, yang juga termasuk pemberian upah bagi pemasak.

KAPASIndonesia merekrut pemasak yang dalam kondisi kesulitan tertentu, seperti istri yang suaminya menjadi korban PHK di masa pandemi, korban KDRT atau penyintas kanker.

Ketua Umum Do Good Good Thing, Gusti Anindya mengatakan “Food Ranger kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.”

“Biasanya, kami hanya membantu yang membutuhkan makanan saja. Namun kali ini, kami juga membantu para pemasak,” imbuhnya.

Pada Ramadhan ini, kegiatan Food Ranger sudah dilakukan sebanyak 2 batch, yaitu pada tanggal 18 April 2021 dan 25 April 2021. Do Good Good Thing tidak hanya bekerja sama dengan KAPAS Indonesia, namun juga berkolaborasi dengan relawan dan komunitas kemanusiaan.

Baca Juga:  Hari Pahlawan Sudah Lewat, Makam Cut Nyak Dien Tetap Dipenuhi Peziarah

Salah satu komunitas, Ketimbang Ngemis Tangerang (KNT) berperan dalam pendistribusian makanan di beberapa daerah di kota Tangerang Selatan. Wilayah pendistribusian mencakup daerah Ciputat, Bintaro, BSD, Pamulang, Pondok Cabe, Pondok Ranji, Serua, Jombang dan Cirendeu.

Kebaikan Berkelanjutan

Do Good Good Thing tidak hanya melaksanakan program kegiatan Food Rangers saja, namun juga melakukan kegiatan yang bernama “tebar senyum.” Kegiatan ini akan berlangsung di taman bacaan masyarakat di kolong fly over Ciputat.

Kepala bagian Humas Do Good Good Thing, Sony Aldianto menyebutkan, “Kami menyadari tindakan kemanusiaan bukan hanya membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan saja, dan kami menyadari ada banyak hal yang dapat kami lakukan. Oleh karenanya, kami mencoba untuk menambah program-program bermanfaat agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan keuntungan dari kegiatan kami.” ujarnya.

Ia juga berharap agar program kegiatan ini mampu memberikan dampak positif kepada mereka yang membutuhkan dan juga mampu meningkatkan rasa kemanusiaan, khususnya bagi generasi pemuda di kota tangerang selatan. (red)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Aplikasi PLN Mobile Aplikasi PLN Mobile
News6 jam ago

Cepat dan Mudah, Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) memberikan kemudahan dalam membayar tagihan dan membeli token listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Selain kemudahan, PLN...

News6 jam ago

Fitur ListriQu di PLN Mobile, Layanan Resmi PLN untuk Perbaikan Instalasi Listrik Rumah Pelanggan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus melakukan inovasi pelayanan kepada pelanggan, salah satunya melalui pembaruan fitur pada PLN Mobile untuk...

News6 jam ago

Konsumsi Listrik Oktober Pecah Rekor, PLN Terus Dorong Electrifying Lifestyle

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) memperkirakan konsumsi listrik terus meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi seusai pandemi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan...

News6 jam ago

Nurhuda: Negara Berhutang pada Guru Madrasah

SERIKATNEWS.COM – Anggota Komisi VIII DPR RI, MF Nurhuda Y mengatakan negara berhutang pada guru madrasah atas pengabdian mereka dalam membentuk...

News9 jam ago

Kemendag: Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang Cetak Transaksi USD 12 Juta

SERIKATNEWS.COM – Upaya meningkatkan ekspor nasional hingga menjelang tutup tahun 2021 terus dilakukan Kementerian Perdagangan. Kali ini ekspor cangkang sawit...

News11 jam ago

Banjir Rendam 6 Kabupaten di Kalimantan Selatan

SERIKATNEWS.COM – Sebanyak enam kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa hari terakhir ini dilanda banjir. Banjir terjadi karena curah...

Lifestyle11 jam ago

Penyebab Badan Pegal Saat Bangun Tidur

SERIKATNEWS.COM – Tak sedikit orang merasa badannya pegal-pegal saat bangun tidur. Tempat tidur seperti kasur atau matras, bisa menjadi salah...

Populer

%d blogger menyukai ini: