Connect with us

Internasional

PB PMII Inisiasi Gerakan untuk Perdamaian Dunia Melalui AYIC

Published

on

Keterangan: Peserta ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2021 merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta (12-14/10/2021)

SERIKATNEWS.COM- ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2021 merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta (12-14/10/2021).

AYIC 2021 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan kawasan Asean yang damai, mampu mengelola perbedaan budaya, agama, bahasa, etnis, atau apapun, menjadi sebuah kekuatan besar untuk terus saling bersatu dan saling menghargai.

Pada kegiatan AYIC 2021 juga, dihadiri oleh perwakilan organisasi pemuda dan universitas dari 10 negara berbeda di Asia Tenggara.

Dalam hal ini, ASEAN Youth Interfaith Camp merupakan momentum besar bagi PMII untuk mengkampanyekan pesan damai, Islam yang toleran, moderat, seimbang, dan adil dalam kerukunan umat beragama. Islam yang menjunjung tinggi semangat nasionalisme.

Yanju Sahara, selaku (Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Jaringan Internasional PB PMII) merupakan delegasi Indonesia, ia menginisiasi dan mempresentasikan Gerakan FIVE pada Forum AYIC 2021.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa, “Dalam menyikapi dinamika politik di Asia Tenggara, PB PMII bersama perwakilan organisasi pemuda se-Asia Tenggara inisiasi gerakan FIVE (Faith, Intergenerational, Values, and Empathy), sebuah platform gerakan digital yang bertujuan untuk mempromosikan pendidikan, sosial, dan budaya dari negara-negara di Kawasan,” ujar Yanju.

“Harapannya, gerakan FIVE menjadi wadah pemuda ASEAN untuk mendorong perdamaian di Kawasan dan Global. PB PMII meyakini bahwa pemuda internasional, khususnya di Kawasan Asia Tenggara, dapat berperan aktif dalam membangun perdamaian dunia,” imbuh Yanju.

“PB PMII terus berkomitmen untuk mendukung perdamaian di Kawasan dan Internasional. Saya berharap kader PMII menjadi motor penggerak perdamaian di seluruh dunia. Hal ini selaras dengan Visi dan Misi Ketua Umum PB PMII untuk menjadikan PMII maju dan mendunia. Lebih lanjut lagi, ASEAN Youth Interfaith Camp 2021 menjadi kegiatan yang sangat strategis untuk banyak melibatkan pemuda dalam forum-forum internasional. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dapat mewakili Indonesia khususnya PB PMII dalam acara ini,” terang Yanju.

Baca Juga:  Enam Orang Tewas Akibat Ledakan di Tambang Batu Bara Pakistan

Pada akhir acara, Kemenpora dengan baik menerima usulan Gerakan FIVE yang di inisiasi oleh Yanju Sahara, bersama delegasi lain pemuda ASEAN antara lain: Indonesia, Singapura, Myanmar, Cambodia, Filippina, Laos, Thailand, untuk kemudian ditindaklanjuti dalam berbagai aksi dan tindakan nyata dalam mewujudkan misi dan visi gerakan tersebut.

“Gagasan FIVE merupakan gagasan yang lahir dari diskusi dan perdebatan panjang antarpeserta. FIVE telah berhasil menjadi pemenang dalam presentasi projek tindak lanjut di acara ini. Saya yakin bahwa Kemenpora akan fokus dalam merealisasiknan gagasan dan ide cemerlang ini. Nantinya gerakan ini akan kami wujudkan dalam platform five.site, portal digital, sehingga dapat diakses oleh banyak pihak,” tutup Yanju.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News58 menit ago

Dikukuhkan, PB PMII Tuntut PMII Probolinggo Miliki Multi Skill

PROBOLINGGO,- Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Probolinggo Raya dilantik, Jum’at (3/12/2021) siang. Prosesi pelantikan digelar di...

News1 jam ago

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  

JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan memastikan ketersediaan kedelai untuk bahan baku tempe dan tahu dalam negeri...

Hari Disabilitas Internasional Hari Disabilitas Internasional
Sosial-Budaya4 jam ago

UIN SUKA Jogja Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional

SERIKATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta jadi tuan rumah acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional, dengan...

News5 jam ago

Sejumlah Wilayah di Jrengik Sampang Terendam Banjir

SERIKATNEWS.COM – Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat, 03 Desember 2021. Banjir terjadi...

Sosial-Budaya6 jam ago

Kemendikbudristek Komitmen Sukseskan Program Digitalisasi Pendidikan

SERIKATNEWS.COM – Kemendikbudristek menyampaikan komitmen untuk selalu menyukseskan program digitalisasi sekolah. Cakupannya tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi, tetapi juga...

Ekonomi6 jam ago

Raup Untung dari Limbah Patin

SERIKATNEWS.COM – Industri pengolahan perikanan menyisakan limbah berupa tulang, kulit, sirip, kepala, sisik, jeroan, maupun cairan. Limbah tersebut diperkirakan memiliki...

Olahraga21 jam ago

Live Streaming MU Vs Arsenal

SERIKATNEWS.COM – Manchester United (MU) vs Arsenal tersaji dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12/2021),...

Populer

%d blogger menyukai ini: