Connect with us

Opini

Obstruction of Justice

Published

on

Ilustrasi Obstruction of Justice (Foto: Hukum Online)

PENYIDIK Polres Pamekasan yang menangani dugaan tindak pidana perusakan fasilitas kampus IAIN Madura tidak boleh “dipermainkan” oknum anggota DPRD Pamekasan yang menyembunyikan Syaiful Bahri (Presma IAIN Madura) selaku korlap aksi.

Kami katakan tidak boleh “dipermainkan”, karena penyidik tahu bahwa malam ini (07/08/21) Syaiful Bahri rencana akan diserahkan oleh oknum tersebut sekitar pukul 20.00 – 21.00 WIB ke Polres Pamekasan. Namun, hingga pukul 23.00 WIB oknum tersebut tidak mau mengangkat kontak tim Penasehat Hukum Rektor IAIN Madura. Padahal sebelumnya sudah bertemu dan mencapai kesepakatan dengan tim lawyer agar tidak mempersulit penyidik.

Perbuatan oknum anggota DPRD Pamekasan tersebut jelas merupakan tindakan menghalang-halangi dan mempersulit penyidik untuk menegakkan hukum. Polisi dapat saja menyeret oknum ini ke ranah pidana.

Perbuatan menghalangi atau mempersulit penyidik dalam penegakan hukum jelas merupakan obstruction of justice. Polisi tidak boleh tebang pilih, harus bertindak tegas agar citra dan wibawa Polri tidak buruk di mata publik dan agar tidak dinilai “bermain” dengan oknum anggota DPRD ini.

Menyeret oknum tersebut ke ranah hukum pidana dapat menjadi alternatif penyidik supaya Presma IAIN Madura ini tidak terkesan “kebal hukum”. Kami yakin penyidik Polres Pamekasan tidak selemah itu.

Pemidanaan terhadap oknum yang menghalangi proses hukum menjadi penting agar setiap upaya penegakan hukum oleh Polri dapat dihormati oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak ada yang kebal hukum.

Perbuatan oknum anggota DPRD ini jelas merupakan personal crime, tidak sedang dalam tugas jabatan sebagai anggota DPR sehingga dengan mudah dapat dicokok polisi. Itu pun kalau polisi mau menyederhanakan masalah ini. Kita paham bahwa semua orang sama di hadapan hukum sebagaimana asas equality before the law. Jangan dilindungi karena dia anggota DPRD Pamekasan. Seret aja agar tidak mempersulit penyidik.

Baca Juga:  Memanfaatkan HLPF 2018, Mewujudkan 100 % Akses Air Bersih dan Sanitasi Layak di Indonesia

Kita tahu bahwa publik, termasuk keluarga besar civitas akademika IAIN Madura menunggu agar masalah ini cepat teratasi. Berharap pula agar keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan yang menjadi tujuan hukum dapat benar-benar terwujud.

IAIN Madura dirugikan atas tindakan oknum anggota DPRD Pamekasan yang secara nyata berusaha menjadi pelindung atau menyembunyikan Presma IAIN Madura sehingga menyulitkan penyidik Polres Pamekasan.

Hukum seolah menjadi mainan. Wibawa Polres Pamekasan dikangkangi. Mahasiswa korban hasut, yang saat ini sedang ditahan benar-benar dirugikan.

Siapa sebenarnya Presma IAIN Madura ini? Mengapa oknum anggota DPRD ini melindungi? Apakah karena Syaiful Bahri ini konstituennya? Beranikah Polres Pamekasan menyeret oknum anggota DPRD Pamekasan itu? Allahu a’lam. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

News2 jam ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News2 jam ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News10 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News11 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News11 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle14 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News16 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: