Connect with us

Opini

Pers sebagai Akselerator Perubahan Bangkit dari Pandemi

Published

on

HPN 2021

PERINGATAN Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang di dasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Dalam sejarah disebutkan dasar keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraan dilaksanakan secara bersama dengan menyinergikan komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan tersebut. Landasan ideal HPN adalah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN.

Dalam sejarahnya, wartawan Indonesia tercatat sebagai patriot bangsa bersama para perintis pergerakan di berbagai pelosok tanah air yang berjuang untuk menghapus penjajahan. Di masa pergerakan wartawan bahkan menyandang dua peran sekaligus, sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan.

Puncak peringatan HPN 2021 kali ini dilaksanakan di Jakarta dan mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Presiden Joko Widodo dalam pidato sambutan memperingati Hari Pers Nasional 2021 juga menyampaikan pesan bahwa “Pemerintah terus membuka diri terhadap masukan dari insan pers. Jasa insan pers sangat besar bagi kemajuan bangsa selama ini dan di masa yang akan datang.” Mengajak setiap insan pers untuk bersama-sama membangun harapan, menyuarakan optimisme, dalam melakukan penanganan krisis kesehatan dengan penanganan krisis ekonomi serta bersama meraih banyak lompatan-lompatan kemajuan di berbagai sektor strategis.

Kita tahu selama pandemi yang hampir setahun berjalan, di semua sektor industri mengalami kesulitan karena terbatasnya ruang gerak untuk melakukan kegiatan. Termasuk pada insan pers itu sendiri, di mana bertahan untuk tetap jalan dalam memberikan informasi berita bagi khalayak. Di satu sisi Industri media saat ini sedang terdesak dengan perkembangan media sosial yang sangat masif dan cepat untuk itu diperlukan konvergensi dan level playing field yang adil di dalam perkembangan industri, Serta rancangan regulasi yang melindungi publisher right yang sedang dibuat agar manfaat ekonomi bisa dinikmati secara berimbang antara media konvensional dengan Over The Top (OTT), yaitu layanan melalui internet.

Baca Juga:  Pentingnya Membentuk Blok Politik Sipil Sebagai Motor Perubahan

Selain itu insan pers juga hendaknya mengawal Undang-Undang Cipta Kerja yang mengatur tentang digitalisasi penyiaran dalam mengoptimalkan perkembangan media oleh industri media. Di samping itu terbitnya permen (peraturan menteri) yang mengatur tata kelola penyelenggara sistem elektronik lingkup privat yang mengatur keseimbangan antara perkembangan ekonomi digital dan kedaulatan data dengan maksud untuk meningkatkan konvergensi antara media konvensional dengan platform digital perlu menjadi perhatian khusus bagi insan pers dalam perubahan sektor ekonomi pada industri media. Hal ini selaras dengan tema yang diusung dalam peringatan HPN 2021 bahwa pers sebagai akselerator perubahan bangkit dari pandemi.

Harapan lain pada HPN 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini bahwa insan pers mampu membangun serta menggiring opini masyarakat untuk bersatu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan cara menyiarkan berita yang akurat dan menggugah persatuan. Memberikan edukasi dan pemberitaan yang aktual dan terpercaya sehingga masyarakat tidak cepat termakan berita yang sifatnya hoaks dan disinformasi.

Berita yang sifatnya hoaks dan Disinformasi pada saat ini masih saja beredar secara nyata dan ini menjadi salah satu tantangan bagi insan pers dalam memerangi berita hoaks atau disinformasi yang dapat merugikan banyak pihak. Memberikan berita yang benar dan sesuai degan kenyataan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh para wartawan dan jurnalis.

Insan Pers pada kondisi saat ini juga harus tetap kritis dalam mengawal proses vaksinasi terutama pada kecepatan program vaksinasi agar herd immunity (kekebalan komunal) segera tercapai. Pemberitaan terkait pemberian vaksin harus sering digaungkan dengan penulisan dan bahasa yang mudah di cerna oleh masyarakat sehingga informasi yang disajikan informatif dan terpercaya. Ditambah pemerintah juga sudah menyampaikan akan ada 5.000 dosis vaksin yang akan disebar pada akhir Februari 2021 hingga awal Maret 2021 untuk jurnalis atau wartawan sebagai garda terdepan setelah tenaga kesehatan.

Baca Juga:  MENEGASKAN SIKAP ANTI KORUPSI SEBAGAI BAGIAN DARI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA

Selain itu, pers sebagai bagian dari sumber kehidupan berdemokrasi di mana pun diharapkan mampu memegang prinsip independen dan investigasi serta harus terbebas dari gangguan negara. Manusia berkembang, pers berkembang begitu juga dengan daya intelektualnya dan begitu juga dengan demokrasi. Sebuah pemberitaan yang kurang dipertanggungjawabkan keasliannya juga bisa menjadi pemecah keutuhan bangsa sendiri.

Pers sebagai pilar keempat demokrasi dianggap memiliki posisi yang strategis dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Selain itu sebagai alat kontrol sosial serta pendidikan bagi masyarakat. Selamat Hari Pers Nasional dan Majulah Pers Indonesia sebagai pilar keempat, tetaplah junjung demokrasi dan kemajuan negara ini. (Margaretta Putri)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Opini36 menit ago

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditangkap KPK, Bukti Celah Korupsi Masih Terbuka Lebar

KORUPSI memang harus diberantas. Karena dampaknya luar biasa. Perbuatan korupsi telah menggerogoti uang negara. KORUPSI dapat menghambat laju pembangunan. Karenanya,...

News5 jam ago

Upaya Mitigasi Bencana, Banjarnegara Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Cuaca Ekstrem

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem. Kesiapsiagaan ini sebagai salah satu...

News12 jam ago

Tituk Bangga, Didampingi Wali Kota Yogyakarta dalam Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

SERIKATNEWS.COM – Mengaku sempat tegang dalam pencanangan Vaksinasi COVID-19 di RS Pratama Yogyakarta. Seorang lansia asal Kecamatan Mantrijeron, Tituk Herminingtyas...

News22 jam ago

PKC PMII DKI Jakarta Masa Khidmat 2020-2022 Resmi Dilantik

SERIKATNEWS.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Agus M Herlambang resmi melantik Pengurus Koordinator Cabang...

Olahraga1 hari ago

Menteri Muhadjir Effendy Berharap Vaksinasi Covid-19 untuk Atlet Aktifkan Kegiatan Olahraga

SERIKATNEWS.COM – Sejak pandemi Covid-19 muncul, seluruh kegiatan olahraga di Indonesia dihentikan. Diharapkan dengan adanya vaksinasi Covid-19 terhadap para atlet...

Olahraga1 hari ago

Atlet Termasuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

SERIKATNEWS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau vaksinasi perdana untuk atlet, pelatih dan tenaga pendukung di Istora Senayan Jakarta, Jumat...

News1 hari ago

Peneliti UGM Terus Kembangkan Kecerdasan Buatan GeNose C19

SERIKATNEWS.COM – Peneliti UGM terus mengembangkan kecerdasan alat deteksi Covid-19 melalui embusan napas, GeNose C19 agar semakin akurat. “Indonesia mengenalkan...

Populer

%d blogger menyukai ini: