Connect with us

Hukum

Presiden Jokowi Copot Wahyu Setiawan sebagai Komisioner KPU

Published

on

Foto: Okezone

SERIKATNEWS.COM – Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman menerangkan bahwa Presiden Jokowi telah mencopot Wahyu Setiawan dari komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Pemberhentian tetap anggota KPU saudara WS sesuai peraturan perundang-undangan, di mana anggota KPU diberhentikan oleh Presiden,” kata Fadjroel, Jumat (17/1/2020).

Fadroel mengatakan bahwa pemberhentian tetap kepada Wahyu Setiawan sudah berdasarkan keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada 16 Januari 2020.

“Yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu WS selaku Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia sejak putusan ini dibacakan,” jelasin.

Dalam putusannya, DKPP menyatakan bahwa Wahyu Setiawan telah melanggar kode etik karena melakukan pertemuan di luar kantor KPU dengan sejumlah pihak yang mengupayakan penetapan Politisi PDI Perjuangan Harun Masiku sebagai anggota DPR melalui proses pergantian antar waktu (PAW).

Di antara beberapa pihak itu adalah mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Agustiani Tio Fridelina, Saeful, dan Doni.

Fadroel memastikan, pemberhentian tetap itu tengah diproses oleh Presiden Jokowi. Selain itu, salinan putusan pemecatan Wahyu Setiawan juga telah diterima Sekretariat Negara (Setneg).

“Sedang diproses. Surat dan salinan putusan DKPP sudah diterima Sekretariat Negara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Bupati Non-aktif Bekasi Dituntut 7,6 Tahun Penjara
Advertisement

Popular