Connect with us

Politik

Upaya Membangun Kesejahteraan Papua

Published

on

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., memberikan arahan pada Dialog Nasional untuk Membangun Kesejahteraan Papua, di Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (Foto: Kompas)

SERIKATNEWS.COM – Kekerasan yang terjadi di tanah Papua disebut telah menjadi duka bagi Indonesia. Tak sedikit masyarakat sipil menjadi korban kelompok bersenjata yang kini resmi dilabeli sebagai teroris oleh pemerintah.

Sejak penetapan label tersebut, pemerintah pun tidak berhenti mencari formula terbaik tanpa mengabaikan unsur hak asasi masyarakat Papua.

Hal ini disampaikan saat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Dialog Nasional untuk Kesejahteraan Papua, di Hotel Horison Ultima Timika, Papua, pada Jumat, 11 Juni 2021. Kegiatan ini melibatkan Satgas Nemangkawi, unsur Forkopimda Papua, PT Freeport Indonesia, tokoh adat dan agama, serta jajaran pejabat BNPT.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar menjelaskan, saat ini pemerintah berusaha memberikan perlindungan kepada masyarakat, mencegah, sekaligus menghentikan kekerasan.

Menurutnya, upaya ini direalisasikan melalui soft approach. Yakni, pembangunan kesejahteraan agar masyarakat merasakan kehadiran dan kepedulian negara.

“Yang bisa kami lakukan untuk membangun kesejahteraan bagi mereka yang merasa termarjinalkan, melakukan pembangunan fisik dan non fisik, membangun nilai-nilai kebangsaan yang belum ada,” jelas Komjen Boy, Sabtu, 12 Juni 2021.

Di samping itu, jelas Komjen Boy, pendekatan kultural harus dilakukan bagi masyarakat Papua yang masih sangat kental dengan unsur budaya dan adatnya. Peran tokoh adat, lanjutnya, jadi sangat penting dalam meredam konflik, dalam memberikan pemahaman dan pengertian terhadap nilai yang arif dalam kehidupan bermasyarakat.

“Siapa saja yang ada di tanah Papua jadi punya karakter yang cinta tanah air, cinta keberagaman sehingga mampu hidup berdampingan,” imbuh mantan Kapolda Papua itu.

Dikatakan juga bahwa upaya menciptakan perdamaian ini harus didukung oleh seluruh komponen. Baik pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat.

Baca Juga:  Daftar Pemilih Problem Laten Pilkada

Untuk mendongkrak kecintaan masyarakat terhadap negeri, Komjen Boy mendorong unsur pemerintah dan masyarakat Papua memberikan wawasan kebangsaan. Dengan begitu, proses pembangunan yang dilakukan pemerintah di tanah Papua dapat terselenggara dengan baik. Sehingga membawa manfaat bagi masyarakat.

“Mari kita antarkan masyarakat Papua jadi aman dan damai untuk melahirkan kesejahteraan,” tukas Komjen Boy. (*)

Advertisement
Advertisement

Terkini

Sosial-Budaya17 menit ago

Polri Bekerja Sama Paguyuban Trevista Ciputat Berikan Vaksin dan Baksos

SERIKATNEWS.COM – Ratusan warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan mendapatkan vaksin gratis, yang diselenggarakan Akmil 91 Polri bekerja sama...

News26 menit ago

Tak Hanya Pelayanan Kelistrikan, PLN Turut Kembangkan Pertanian

SERIKATNEWS.COM – PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung,...

News38 menit ago

Luncurkan e-Procurement Academy, PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) secara konsisten melanjutkan transformasi sejak gagasan ini dirilis pada April 2020 tahun lalu. Salah satu...

News3 jam ago

PLN Operasikan Tol Listrik Flores Rp1,1 Triliun, Sambungkan Labuan Bajo hingga Maumere

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) mempertegas komitmennya untuk memperkuat keandalan listrik dan meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia Timur. Kali...

Sosial-Budaya4 jam ago

Pelaku Usaha Salurkan 25 Ribu Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

SERIKATNEWS.COM – Pelaku usaha toko ritel modern menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak pandemi COVID-19. Wakil...

Politik7 jam ago

Arah Baru Pembangunan Desa: Terwujudnya Desa Peduli Anak

SERIKATNEWS.COM – Perkembangan anak merupakan ukuran kemajuan sebuah masyarakat yang paling presisi. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

Olahraga1 hari ago

Honda Persiapkan Diri Jadi yang Terbaik di F1 Grand Prix Hungaria

SERIKATNEWS.COM – Tim balap Honda kembali bersiap diri untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria. Ajang ini akan diselenggarakan di...

Populer

%d blogger menyukai ini: