Rampak Sarinah Tulungagung bertanam Sayur Hidroponik

359

SERIKATNEWS.COM- Bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan di Wonorejo, pada Hari Senin (2/7/18) seharian penuh ibu-ibu Rampak Sarinah mengikuti pelatihan penanaman sayur hidroponik. Kegiatan diikuti oleh 80 anggota Sarinah dan 20 aktivis HIjau Tulungagung.

Ir. H. SIGIT SETYAWAN, M.M, Kepala Dinas Ketahanan Pangan gembira inisiatif Pusat Hidroponik Tulungagung yang menyelenggarakan pelatihan tersebut dengan dukungan Lembaga BNI Berbagi. “Saya berharap kegiatan ini akan mempercepat program mewujudkan Tulungagung Kota Hidroponik pertama di Jatim. Perlu perluasan komunitas dan ibu-ibu adalah sasaran yang tepat untuk pelatihan,” kata Sigit Setyawan dalam kata sambutan.

SerikatNews

Eva Sundari, anggota DPR RI Dapil Jatim 6 juga memberi semangat,”Konsep Jawa tentang perempuan sebagai Ibu Bumi berisi pesan bahwa perempuan adalah sebagai pemelihara, perawat, penyelamat lingkungan atau kehidupan. Mari selamatkan bumi, dengan melakukan penghijauan berupa sayur tanpa pestisida maupun pupuk kimia”. Eva juga menjelaskan bahwa program pemberdayaan perempuan harus diarahkan untuk memberikan nilai tambah dari peran ganda (multi-tasking) perempuan baik domestik, publik maupun komunitas.

Baca Juga: Ibu-Ibu Rampak Sarinah Kediri Belajar Bisnis Hidroponik

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI di Kediri, Djoko Raharto mendukung penuh kegiatan tersebut. “Rampak Sarinah memilih kegiatan yang cerdas karena dari catatan BI, sayuran merupakan penyumbang inflasi paling tinggi di Tulungagung. Jadi gerakan menanam sayuran adalah solusi para ibu bagi meningkatkan pertumbuhan sekaligus memerangi kemiskinan”.

Hadir juga Perwakilan BNI Tulungagung yang menjelaskan tentang KUR bersama Wahyudi dari Pusat Hidroponik Tulungagung sebagai fasilitator utama pelatihan. Para ibu Sarinah terlihat antusias saat dibawa ke kebun dan banyak melempar pertanyaan sambil tidak lupa selfie-selfie.

Baca Juga: Pendidikan Literasi Keuangan untuk Millenial Kediri

Baca Juga:  Rakerda Projo Jateng Satukan Langkah Menangkan Jokowi

Usai pelatihan, mereka membagi diri sesuai wilayah kecamatan dan merencanakan tindak lanjut berbasis kelompok. Rindu Rikat, koordinator Rampak Sarinah komunitas Hidroponik (sebelumnya bernama Komunitas Ibu Rumah Tangga) akan mengadakan lomba siapa yang sukses akan mendapat tambahan bantuan training kit.