Connect with us

Info Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Pare

Published

on

Ilustrasi: Net

SERIKATNEWS.COM – Pare atau yang disebut Paria merupakan jenis sayur labu. Namun, banyak orang yang tidak suka pare karena rasanya yang pahit dan penampilannya yang tidak menarik.

Meski rasanya sangat pahit, akan tetapi pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Tempo, berikut manfaat mengonsumsi pare:

1. Membantu menurunkan berat badan

Paria dapat membantu menurunkan berat badan. Selain memiliki kalori yang rendah, paria memiliki serat yang membantu Anda tetap merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paria mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kadar lemak di perut. Akan tetapi, riset lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat paria dalam pembakaran lemak.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat pare dalam menurunkan kadar gula darah membuatnya sudah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi diabetes. Paria berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan dicernanya gula dalam tubuh.

Selain itu, pare juga mampu menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh yang dapat membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang.

3. Mengurangi kolesterol

Manfaat pare untuk mengurangi kolesterol masih membutuhkan riset lebih lanjut. Namun, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam tikus.

Menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko Anda mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung.

4. Mengandung banyak nutrisi

Paria mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Paria menyimpan berbagai senyawa seperti vitamin C, vitamin A, folat, dan berbagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

5. Berpotensi mengatasi kanker

Manfaat pare untuk mengatasi kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi paria diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, perut, dan paru-paru. Paria juga dipercaya mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga:  Kebiasaan-kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

Anda dapat menikmati manfaat sayur pare secara aman jika mengonsumsinya dalam porsi yang secukupnya. Jika mengonsumsi pare secara berlebih dapat menimbulkan efek samping, seperti pusing, muntah, sakit kepala, sakit perut, kembung, rasa tidak nyaman di perut, dan muntah.

Untuk diketahui, sayur labu ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan anak di bawah tiga bulan. Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi paria.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News5 jam ago

Positif Covid-19, Anies Tetap Bekerja Memimpin Rapat Secara Virtual

SERIKATNEWS.COM – Hasil tes usap PCR yang keluar hari ini, Selasa (1/12/2020) menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, positif...

Ekonomi12 jam ago

Raksa Nugraha Bukan Sebatas Pengakuan Pelaku Usaha dalam Melindungi Konsumen

SERIKATNEWS.COM – Penghargaan Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) bukan sebatas pengakuan atas pelaku usaha yang bertanggung jawab melindungi konsumen....

Sosial12 jam ago

Fokus Lindungi Konsumen, Posisi BPKN Makin Kokoh Setelah Gandeng SMSI

SERIKATNEWS.COM – Kehadiran Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN) akan lebih bermanfaat di mata publik. Hal ini terjadi setelah...

Peristiwa22 jam ago

Semeru Level II Waspada, Guguran dan Lava Pijar Terjadi 13 Kali

SERIKATNEWS.COM – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tenggger Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup aktivitas pendakian mulai hari ini, Senin...

Politik23 jam ago

Logo Baru dan Semangat Baru PKS

SERIKATNEWS.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini tampil dengan logo yang berbeda. Tujuannya untuk memikat kelompok milenial dan perempuan....

Opini1 hari ago

Magang, Pengalaman Awal Masuk ke Dunia Kerja

Magang merupakan suatu bentuk pengaplikasian ilmu yang telah mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan kemudian diterapkan di tempat kerja. Selama di...

Pendidikan1 hari ago

Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

SERIKATNEWS.COM – Magang profesi merupakan salah satu mata kuliah wajib di Prodi KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini bertujuan...

Populer

%d blogger menyukai ini: