Connect with us

Cek Fakta

Awan Berbentuk Angka 2 yang Dikaitkan dengan Paslon Pilkada Depok

Published

on

Tangkap layar postingan Awan Berbentuk Angka 2 Yang Dikaitkan dengan Paslon Pilkada Depok.

KLAIM


Depok, Jawa Barat, menjadi salah satu daerah yang menyelenggarakan Pilkada pada 9 Desember 2020. Ada dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Pasangan calon nomor urut 01 adalah Pradi Supriatna-Afifah Aliyah. Mereka diusung PDIP, Partai Gerindra, Golkar, PKB dan PSI. Sementara pasangan calon nomor urut 02 adalah Mohammad Idris Somad-Imam Budi Hartono yang didukung empat partai, yaitu PKS, PAN, PPP dan Partai Demokrat.

Sehari sebelum hari pelaksanaan pilkada 2020, tepatnya Selasa (8/12/2020), di Facebook muncul sebuah gambar dilingkari untuk menunjukkan awan berbentuk angka 2. Gambar tersebut dikaitkan dengan nomor urut peserta Pilkada Kota Depok 2020. Gambar itu dibagikan oleh akun Indra di grup publik Team Pemenangan PIIS (Pilih Idris Imam Saja). Unggahan pada pukul 16.23 WIB itu disertai dengan caption  “Lanjut kan.”


FAKTA


Tim Cek Fakta melakukan penelusuran atas foto dengan awan angka 2 tersebut dengan menggunakan salah satu tools Google Image Reverse. Hasilnya menunjukkan bahwa foto itu bukan foto baru.

Beberapa kali jejak digitalnya sudah ada di mesin pencarian Google. Kemudian muncul tautan yang mengarahkan ke akun Facebook bernama Viral Video yang diunggah pada 25 Februari 2019 yang lalu. Bentuk angka 2 dibentuk awan di langit sama persis, hanya saja dilakukan crop.

Penelusuran juga membawa pada akun fanpage Jempol Indonesia pada bulan April 2019 yang menunjukkan foto yang sama dari akun Viral Video, tetapi ada pemotongan sebagian foto. Fanpage Jempol Indonesia mengunggah foto angka 2 di langit dengan keterangan “Hari ini di Bogor Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dapat salam dari Alam Raya….. SELAMAT YA PAK semoga amanah.” Pada saat itu, diketahui memang sedang periode Pemilu Presiden 2019.

Baca Juga:  Uap Air Panas Diklaim Bisa Matikan Virus Korona? Ini Faktanya

Ketiga foto itu adalah foto identik dengan ukuran lebih besar di akun Viral Video. Kemudian di-crop dan di-zoom oleh akun Jempol Indonesia. Sehingga angka 2 tersebut tampak lebih besar dan masih tampak bagian atas sebuah bangunan yang sama di Viral Video.

Sementara foto yang disebar di grup Facebook Team Pemenangan PIIS juga foto yang sama dengan gambar bangunan yang sama. Hanya saja zoom tidak sebesar Jempol Indonesia. Bagian atas bangunan menunjukkan bangunan yang sama. Yang satu diklaim di Bogor jelang Pilpres 2020, lainnya diklaim di Depok jelang Pilkada 2020. Keduanya sama-sama mengidentikkan dengan kemenangan pasangan calon 02.

VIVA juga menunjukkan bukti tidak adanya fenomena awan dengan angka 2 di Depok. Hal tersebut diketahui setelah menanyakan kepada beberapa warga Depok dalam 2 hari terakhir.

“Belum pernah ada informasi itu. Saya baru tahu justru hari ini dari yang katanya akun Facebook Idris-Imam itu, di grup-grup saya juga tak ada kabar. Tiga hari ini saya di Depok tersebut,” kata Irvan (38), warga Grand Depok City, Depok, Rabu (9/12/2020).

Bahkan sejak Senin (7/11/2020), cuaca di Depok hampir setiap hari hujan, sehingga bisa dikatakan bahwa di kota tersebut tak ada langit biru yang bisa menunjukkan awan cerah. “Enggak tahu dan enggak dengar ada apalagi lihat juga sih awan angka 2. Memang hujan terus minggu ini di Depok,” kata warga Depok lainnya, Alyn (35).

Berdasarkan hasil cek fakta ini, maka postingan awan berbentuk angka 2 di Depok yang beredar jelang hari H Pilkada 2020 adalah hoaks. Hoaks gambar awan seperti ini juga sudah pernah disebar di media sosial hampir dua tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Uap Air Panas Diklaim Bisa Matikan Virus Korona? Ini Faktanya

Referensi:

Facebook tim pemenangan PIIS (Pilih Idris Imam Saja) (https://web.facebook.com/groups/464590907773268/?_rdc=1&_rdr)
https://web.facebook.com/JempoRakyat/photos/653788228408630/?_rdc=1&_rdr
https://web.facebook.com/viralvideodunia/photos/a.326156908017619/326593234640653
https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1329967-cek-fakta-muncul-awan-berbentuk-angka-2-saat-pilkada-depok

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga5 menit ago

Solskjaer PD MU Bisa Menang di Markas Liverpool

SERIKATNEWS.COM – Pada lanjutan Liga Inggris, Manchester United (MU) akan bertandang ke markas Liverpool, Stadion Anfield, Minggu (17/1/2021) malam WIB....

Hukum1 jam ago

Polres Pati Amankan Oknom PNS yang Sedang Karaokean dan Mabuk Berat

SERIKATNEWS.COM – Polres Pati mengamankan MS yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada saat melaksanakan operasi yustisi yang dipimpin langsung...

Lifestyle4 jam ago

Fatin Shidqia Dijodohkan dengan Ady Sky, Apa yang Terjadi?

SERIKATNEWS.COM – Musisi muda Fatin Shidqia dikabarkan dijodohkan dengan Ady Sky. Fatin mengaku baru mengenal Ady Sky dan belum mengetahui...

Lifestyle4 jam ago

10 Tahun Pernikahan Pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Ini Momen yang Ditunggu

SERIKATNEWS.COM – Di momen ke-10 tahun, kasih dan cinta pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah mengalami pasang surut layaknya rumah tangga...

Internasional20 jam ago

Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan Hadapi Tantangan Ketidakpastian Global

SERIKATNEWS.COM – Dunia saat ini tengah menghadapi ketidakpastian dan mengalami perubahan lingkungan strategis. Dalam hal ini, Indonesia dan Rusia yang...

Lifestyle23 jam ago

Akibat Covid-19 Mantan Suami Nita Thalia Meninggal, Ini Kronologinya

SERIKATNEWS. COM –Mantan suami pedangdut Nita Thalia, Nurdin Rudythia meninggal dunia lantaran terkena virus corona. Hal itu di kabarkan pada...

Ekonomi23 jam ago

OJK Menobatkan Jawa Tengah Sebagai Provinsi Terbaik Penggerak Keuangan Inklusif

SERIKATNEWS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menobatkan Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi terbaik penggerak keuangan inklusif nasional. Penghargaan tersebut diumumkan...

Populer

%d blogger menyukai ini: