Banyuwangi Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Terinovatif se-Indonesia

10
Banyuwangi
Ilustrasi: Jatim Now

SERIKATNEWS.COM – Banyuwangi kembali meraih gelar “Kabupaten Terinovatif” dalam kompetisi Innovative Goverment Award (IGA) 2019 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebelumnya, pada tahun 2018 Banyuwangi pernah meraih penghargaan serupa.

Tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi lain yang disesuaikan dengan pemerintah menjadi kewenangan daerah membuat daerah yang berjuluk The Sun Rise of Java ini mendapat penghargaan tersebut. Tahun ini, daerah yang terletak di ujung Pulau Jawa ini mengajukan 186 inovasi daerah.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kemendagri. Model apresiasi semacam ini menyemangati kami di daerah untuk selalu berupaya berinovasi dalam mengembangkan Banyuwangi. Kami senang karena pemerintah pusat, Presiden Jokowi dan Pak Mendagri, mendorong iklim inovasi yang baik di daerah,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas setelah menerima penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Senin (7/10/2019).

Anas juga mengatakan bahwa inovasi tersebut dibuat untuk memudahkan pelayanan publik yang meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi warga. Banyuwangi mendapat poin tertinggi dalam penilaian di kompetisi tersebut karena telah menggunakan sistem online di berbagai urusan daerah, mulai dari bidang keuangan, pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, sosial hingga pertanian dan pendidikan.

Di bidang pelayanan publik pun ada program Smart Kampung yakni layanan desa berbasis daring yang telah diterapkan oleh 189 desa. Di bidang pendidikan juga ada pemberian beasiswa Banyuwangi Cerdas hingga perguruan tinggi yang dilakukan secara online.

Begitu pun Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut memberikan apresiasi atas terpilihnya Banyuwangi menjadi Kabupaten Terinovatif dalam kompetisi (IGA) 2019. Terobosannya banyak khususnya di bidang pariwisata.

“Selamat atas terpilihnya Banyuwangi menjadi Kabupaten Terinovatif IGA 2019. Tak salah jika saya sedari awal telah memprediksikan Banyuwangi sebagai daerah yang mampu menjelma menjadi daerah yang begitu luar biasa. Apalagi pariwisatanya. Inovasi yang dilahirkan di Banyuwangi membawanya menjadi julukan baru pariwisata Indonesia,” kata Menpar Arief.

Baca Juga:  Eva Sundari: Rampak Sarinah Blitar dan Kediri Memulai Gerakan Menabung Air

Menurut Arief, penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen kuat dari seluruh stakeholder Banyuwangi. Ada rumus 3S yakni solid, speed and smart dalam mendapatkan penghargaan tersebut.