Connect with us

Literasi

Cara Belajar Science yang Asyik dan Menyenangkan

Published

on

Enam cara belajar science yang asyik dan menyenangkan (Ilustrasi: Net)

SERIKATNEWS.COM – Bagi sebagian orang, belajar science merupakan hal yang membosankan sehingga banyak yang tidak menyukainya. Terlebih jika materi yang diberikan tentang eksperimen. Padahal science menjadi salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari. Bagaimana tidak, science akan mempelajari banyak hal tentang lingkungan hidup yang pastinya sangat penting untuk kehidupan. Supaya belajar science menjadi asyik dan meyakinkan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Mengajaknya untuk Nonton Film Animasi

Cara belajar science yang asyik dan menyenangkan pertama adalah mengajak untuk nonton film. Melalui film ada banyak praktik ilmu sains yang bisa diperkenalkan. Contohnya seperti balon udara ataupun pesawat terbang. Jika nonton film sudah selesai dilakukan selanjutnya mendiskusikan apa saja pengetahuan yang diperoleh melalui film yang ditonton.

  1. Melakukan Kegiatan Observasi

Sudah bukan rahasia lagi apabila anak-anak menjadi lebih mudah bosan apabila belajar sains di kelas. Terlebih materi yang disampaikan cukup sulit. Jika dirasa cara belajar di kelas sudah sangat membosankan sebaiknya ajak anak-anak untuk melakukan kegiatan observasi.

Ajak mereka untuk memantau bagaimana proses tanaman mulai tumbuh, ataupun mempelajari bagaimana terbentuknya pelangi maupun awan. Sebenarnya masih ada banyak hal menarik lainnya yang bisa dijadikan objek pembelajaran dengan cara observasi.

  1. Memperbolehkan Anak untuk Bermain Video Game

Cara belajar science selanjutnya yaitu memperbolehkan anak untuk bermain video game. Meski begitu, video game yang dimainkan tidak boleh sembarangan. Pilihlah video game yang bisa mengasah kemampuan science anak, contohnya seperti Minecraft.

Selain itu, juga pilihlah video game yang bisa melatih anak untuk berpikir secara ilmiah maupun memecahkan teka teki di dalamnya. Melalui cara seperti ini, tanpa disadari anak akan memperoleh banyak pengetahuan science dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan.

  1. Ajak Jalan-Jalan ke Museum Atau Kebun Binatang
Baca Juga:  Ayo dukung gerakan tagar #IndonesiaPositif

Supaya belajar science sangat menyenangkan sebaiknya ajak anak untuk jalan-jalan ke museum atau kebun binatang. Ada jenis museum yang ada di Indonesia, tetapi disarankan untuk datang ke museum sains. Hal ini dikarenakan museum sains akan menyediakan banyak informasi tentang ilmu pengetahuan alam dan juga sejarah. Ketika mengunjungi museum, anak akan belajar tentang berbagai macam hewan maupun tanaman beserta evolusinya.

Selain museum sains, juga bisa mengunjungi kebun binatang. Di kebun binatang, anak akan belajar tentang bentuk dan rupa binatang. Mengajak anak mengunjungi museum sains maupun kebun binatang merupakan cara efektif untuk meningkatkan anak pada dunia science.

  1. Ikuti Ekstrakurikuler tentang Sains

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar tentang science. Apabila anak tidak suka mempelajari science di kelas, sebaiknya dorong untuk mengikuti ekstrakurikuler tentang science. Ekstrakurikuler ini akan mengajarkan tentang hal-hal ilmiah dengan lebih praktis serta tanpa teori yang berbelit-belit. Melalui ekstrakurikuler biasanya science akan dipelajari dengan metode yang sangat menyenangkan. Jika di sekolah belum ada ekstrakurikuler tentang sains, tidak ada salahnya untuk mengajukan ke pihak sekolah supaya dijadikan salah satu program kesiswaan.

  1. Belajar Science Melalui Permainan

Supaya anak menjadi lebih mudah dalam mempelajari dan memahami science, sebaiknya menggunakan cara belajar yang menyenangkan. Cara ini bisa membuat anak menjadi lebih tertarik untuk mengikutinya dan pastinya hati akan bahagia. Cara yang bisa digunakan yaitu belajar science melalui permainan. Beberapa permainan yang bisa digunakan, seperti percobaan telur, rain man, letusan gunung berapi, pelajaran dari pohon dan masih banyak lagi.

Nah itulah 6 cara belajar science yang asyik dan menyenangkan. Diharapkan cara-cara tersebut bisa membuat anak menjadi lebih menyukai science. Jika sudah suka berarti akan menjadi lebih mudah dalam memahaminya.

Advertisement
Advertisement

Terkini

News2 jam ago

Kemenperin Terima 150 Unit Konsentrator Oksigen dari Asosiasi Gula

SERIKATNEWS.COM – Kementerian Perindustrian bersama pelaku dan asosiasi industri bertekad untuk terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di...

News2 jam ago

EFT Gelar Lomba Menulis Artikel, Hadiah Utama Rp7.500.000

SERIKATNEWS.COM – Selama ini pembangunan ekonomi dinilai hanya mengejar pertumbuhan dan sering kali merugian lingkungan. Karena itu, diperlukan inovasi kebijakan...

News10 jam ago

Yuk Merapat, PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan...

News11 jam ago

Sediakan Listrik untuk Kapal Sandar, PLN Dukung Pengembangan Pelabuhan Ramah Lingkungan

SERIKATNEWS.COM – PT PLN (Persero) terus berinovasi dan menghadirkan layanan kelistrikan di sektor kelautan dan perikanan. Terbaru, Unit Pelaksana Pelayanan...

News11 jam ago

Generator Milik Kantor Pemkab Sampang Hangus Terbakar

SERIKATNEWS.COM – Lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Madura Jawa Timur dikagetkan dengan adanya asap hitam yang mengepul ke udara....

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.! Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!
Lifestyle14 jam ago

Warkopi Heboh, Ini Penjelasan Indro Yang Mangejutkan.!

SERIKATNEWS.COM – JAKARTA- Media sosial belum lama ini di gemparkan  dengan sosok remaja yang mempunyai fisik mirip dengan grup lawak...

News16 jam ago

Muncul Klaster Pendidikan, Zen ADV: Jangan Hentikan PTM, Kasihan Pendidikan Anak-anak

SERIKATNEWS.COM – Munculnya klaster pendidikan di beberapa daerah di Jateng setelah berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) beberapa minggu ini, hendaknya...

Populer

%d blogger menyukai ini: