Connect with us

Ekonomi-Politik

Hankook Perbanyak Jaringan Retail di Berbagai Kota

Published

on

Ilustrasi: Hankook Motor Sports

SERIKATNEWS.COM – PT Hankook Tire Sales Indonesia (Hankook) tengah membidik porsi persentase penjualan domestik tumbuh dua digit pada tahun 2020 ini. Target dari perusahaan ban asal Korea Selatan ini lebih tinggi dari realisasi tahun 2019 yang sebesar 8% di pasar Indonesia.

President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin mengatakan bahwa target itu sejalan dengan komitmen Hankook untuk memenuhi permintaan pasar domestik di Indonesia. Untuk mencapai target tersebut, strategi Hankook akan memperbanyak jaringan retail di berbagai kota.

“Tahun lalu, Hankook Tire Indonesia mampu mencapai peningkatan secara kualitatif berkat kepercayaan dan minat para pelanggan. Di tahun 2020 ini, kami berupaya mencapai pertumbuhan yang stabil melalui tiga langkah utama, yang pertama pemilihan fokus produk pada segmen ban high-inch, kedua perluasan jaringan distributor retail, dan yang ketiga, peluncuran produk baru yang khususnya diperuntukkan untuk kendaraan SUV,” kata Yoonsoo Shin dalam siaran persnya, Rabu (15/1/2020).

Yoonsoo mengatakan, dengan strategi memperbanyak jaringan retail di berbagai kota di Indonesia, pihaknya berharap merk ban Hankook makin dikenal tidak hanya di kota-kota besar saja, namun juga bisa dikenal oleh lapisan masyarakat di daerah yang lebih kecil. Selain itu, sinergi dengan jaringan distributor yang sudah ada juga akan terus ditingkatkan, karena itu yang menjadi ujung tombak penjualan secara retail.

Peningkatan target domestik yang dibidik Hankook berkaca dari kinerja positif perusahaan tahun lalu serta pergerakan industri ban nasional. Pada tahun 2019 yang lalu, industri ban disebut-sebut mengalami stagnasi penjualan, khususnya di pasar domestik yang berimbas dari penjualan industri otomotif.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan bahwa penjualan wholesales mobil per November 2019 sebanyak 940,362 unit, cukup ketat untuk mengejar penjualan wholesales sepanjang tahun 2018 yang mencapai 1,151,308 unit.

Baca Juga:  Pertumbuhan Ekonomi RI Lebih Lambat dari Sekarang Tanpa Pembangunan Infrastruktur

Daya beli masyarakat yang tengah lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan terhadap mobil. Namun, kondisi di atas tidak terlalu berpengaruh bagi Hankook yang mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti di Indonesia di tahun 2019. Melalui lini bisnis andalan di replacement equipment inilah, Hankook mampu bertahan dengan memasok produk ke distributor-distributor untuk konsumen retail.

Advertisement

Popular