Connect with us

Info Nawacita

Pemerintah Gelontorkan Rp787 Miliar Bangun Konektivitas Pulau Morotai

Published

on

jalan-morotai
Foto: Setkab RI

SERIKATNEWS.COM – Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata yang termasuk di dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Tanah Air, salah satunya Pulau Morotai.

Pulau Morotai sebagai salah satu pulau terluar dan terdepan di wilayah perbatasan Indonesia menyimpan potensi kekayaan alam bahari dan budaya, dengan sejumlah obyek wisata yang ditawarkan seperti Pantai Dodola, Pulau Zumzum, dan Museum Trikora.

Untuk meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata di pulau tersebut, Kementerian PUPR telah menyelesaikan penanganan jalan berupa peningkatan kualitas jalan, pembangunan jalan ruas baru, dan pembangunan jembatan pada Ruas Jalan Lingkar Morotai sepanjang 201,89 kilometer (km).

Pembangunan infrastruktur tersebut dilaksanakan pada tahun 2019 dengan anggaran Rp273,86 miliar. Pembangunan ruas Jalan Lingkar Morotai merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) sesuai Perpres Nomor 56 Tahun 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan wisatawan menuju lokasi-lokasi wisata di Pulau Morotai.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri Basuki, seperti dikutip dari laman resmi Setkab RI, Kamis (20/2/2020).

Penanganan Ruas Jalan Lingkar Morotai yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga terbagi dalam beberapa pekerjaan, di antaranya pembangunan jalan baru ruas Sofi-Wayabula sepanjang 6 km, dengan biaya sebesar Rp32 miliar.

Preservasi jalan pada ruas batas kota Daruba – Daeo/Sangowo – Bere Bere – Sofi – Daruba – Wayabula sepanjang 195,29 km dengan biaya Rp10,43 miliar. Selanjutnya, pembangunan dan penggantian 6 jembatan dengan biaya sebesar Rp231,43 miliar.

Seluruh pekerjaan fisik pembangunan Jalan Lingkar Morotai saat ini telah rampung 100%. Secara keseluruhan, Kementerian PUPR sejak tahun 2015-2018 telah menganggarkan Rp787,8 miliar untuk mendukung peningkatan konektivitas KSPN Pulau Morotai.

Baca Juga:  Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi: Sebentar Lagi Jakarta Sampai Surabaya Tersambung

Ketersediaan infrastruktur jalan dalam kondisi mantap diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, aksesibilitas, dan mobilitas guna mempercepat waktu tempuh dan mengurangi biaya transportasi yang berpengaruh terhadap biaya logistik.

Selain KSPN, Pulau Morotai dikenal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terhubung dengan Bandara Pitu, Pelabuhan Daruba, dan Pelabuhan Wayabula. Peningkatan kualitas konektivitas diharapkan mendukung pengembangan ekonomi daerah, di antaranya sektor pariwisata di Maluku Utara.

Tersambungnya jalan dari wilayah Wayabula-Sofi akan mendukung terwujudnya Pulau Morotai sebagai pintu gerbang perdagangan di Indonesia atau pusat logistik di wilayah perbatasan. Hal ini akan memberikan peluang besar bagi Pulau Morotai sebagai sentra kegiatan perdagangan kawasan Pasifik dan pusat ekonomi di Indonesia bagian Timur di masa depan.

Advertisement
Advertisement

Terkini

Olahraga26 menit ago

Live Streaming Manchester United Vs Chelsea

SERIKATNEWS.COM – Manchester United melawan Chelsea pekan keenam Liga Inggris 2020/2021. Laga ini berlangsung di kandang Manchester United, Old Trafford,...

Olahraga44 menit ago

Link Live Streaming Dortmund Vs Schalke

SERIKATNEWS.COM – Dortmund vs Schalke akan berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (24/10/2020) pukul 23.30 WIB. Laga antara Dortmund...

Peristiwa1 jam ago

Hangus Dilahap Si Jago Merah, Kandang Ayam Pedaging Alami Kerugian Rp2,5 Miliar

SERIKATNEWS.COM – Sebuah kandang ternak ayam pedaging dengan luas 12 meter x 100 meter, ludes dilahap si jago merah pada...

Olahraga3 jam ago

Live Streaming Barcelona vs Real Madrid

SERIKATNEWS.COM – Laga Barcelona vs Real Madrid pada El Clasico jilid pertama musim 2020/2021 ini dilangsungkan di Stadion Camp Nou,...

Olahraga6 jam ago

Live Streaming Liga Inggris: West Ham vs Manchester City

SERIKATNEWS.COM – West Ham menantang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Laga ini berlangsung di Stadion London pada Sabtu...

Berita Presiden6 jam ago

Presiden Jokowi Apresiasi Pengorbanan para Dokter

SERIKATNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi atas pengabdian, perjuangan, dan pengorbanan para dokter Indonesia yang selalu berada di...

Hukum7 jam ago

Gus Nur Diamankan Polisi Atas Dugaan Penghinaan Terhadap NU

SERIKATNEWS.COM – Sugi Nur Raharja atau Gus Nur nama akrabnya, saat ini diamankan Polisi dengan dugaan penghinaan terhadap Ormas NU....

Populer